Posisi tersebut berdasarkan rangking QS yang dikeluarkan pada Rabu (28/6), pukul 03.00 WIB. UI menjadi yang terbaik dari 26 universitas di Indonesia yang mengikuti pemeringkatan ini
Depok (ANTARA) - Universitas Indonesia (UI) mencatat prestasi kembali sebagai peringkat 1 di Indonesia versi Quacquarelli Symonds World University Rankings (QS WUR) 2024 dan ranking 9 di kawasan Asia Tenggara.

Posisi tersebut berdasarkan rangking QS yang dikeluarkan pada Rabu (28/6), pukul 03.00 WIB. UI menjadi yang terbaik dari 26 universitas di Indonesia yang mengikuti pemeringkatan ini.

Rektor UI, Prof. Ari Kuncoro dalam keterangannya, Rabu, mensyukuri atas prestasi tersebut dan terus memotivasi seluruh civitas akademika untuk selalu memberikan yang terbaik.

"Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah memberikan sumbangsih. Prestasi UI adalah hasil kerja sama, kerja keras, kerja cerdas, dan kerja ikhlas dari civitas akademika. Selama tiga tahun terakhir, tren ranking UI konsisten meningkat. Ke depan, kami akan terus memperbaiki kualitas agar semakin diakui di tingkat global," katanya.

Sementara Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UI Prof. Abdul Haris yang sekaligus Penasihat Tim World Class University (WCU) UI menambahkan capaian tersebut merupakan buah dari berbagai upaya peningkatan reputasi akademik dan global engagement yang telah UI lakukan.

Selama beberapa tahun terakhir, kami terus memperluas kemitraan internasional, di bidang pendidikan dan riset dengan memperbanyak program double-degree, memberikan beasiswa bagi mahasiswa asing, serta mengirimkan mahasiswa dan dosen UI dalam program-program student dan professor exchange ke kampus-kampus terbaik dunia.

QS World University Rankings edisi ulang tahun ke-20 ini diikuti oleh 2.963 universitas dari 104 wilayah. Dari total 1.500 universitas yang dipublikasikan, UI meraih peringkat 237 dunia, naik dari peringkat sebelumnya 248. Artinya, UI masuk dalam 16 persen teratas universitas terbaik dunia versi QS World University Rankings.

Perolehan tersebut sekaligus menjadi capaian terbaik UI dalam kurun 10 tahun ke belakang.

Secara khusus, perankingan 2024 menambahkan tiga matriks baru, yaitu keberlanjutan (sustainability), pekerjaan lulusan (employment outcomes), dan jejaring riset internasional (international research network).

UI mendapatkan overall score 40.9, dengan tiga nilai terbaik dari kriteria International Faculty Ratio (75.8), Employer Reputation (73), dan Employment Outcomes (58.7).

Baca juga: Unair peringkat ketiga perguruan tinggi terbaik di Indonesia
Baca juga: Unimed optimistis kerja sama dengan perguruan tinggi terbaik di ASEAN
Baca juga: Rektor UNJ sebut perguruan terbaik tidak cukup peringkat unggul saja

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023