Cirebon (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 3 Cirebon, Jawa Barat, mendata sehari menjelang perayaan Idul Adha 1444 Hijriah, terdapat 12.700 orang yang memanfaatkan jasa kereta api, terutama di wilayah kerjanya.

"Pada Rabu tanggal 28 Juni 2023, jumlah penumpang yang menggunakan jasa kereta api mencapai 12.700 orang," kata Manajer Humas KAI Daop 3 Cirebon Ayep Hanapi di Cirebon, Rabu.

Ayep mengatakan jumlah tersebut merupakan total penumpang yang menggunakan jasa angkutan kereta api, baik yang turun maupun naik di wilayah KAI Daop 3 Cirebon.

Ia menjelaskan pada sehari sebelum Idul Adha 1444 Hijriah, atau Rabu (28/6) jumlah penumpang yang turun mencapai 8.175 orang, dan terbanyak di Stasiun Cirebon, mereka berasal dari berbagai daerah seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Semarang, dan lain sebagainya.

Baca juga: KAI: 38.200 penumpang berangkat dari wilayah Daop 1

Jumlah penumpang yang turun lanjut Ayep, mengalami peningkatan lebih dari 300 persen dibandingkan hari normal, yang rerata penumpang turun di wilayah Daop 3 Cirebon sebanyak 1.500-2.000 orang.

"Kalau yang turun di wilayah Daop 3 Cirebon mengalami peningkatan mencapai 300 persen lebih dibandingkan hari biasa," tuturnya.

Sementara itu, jumlah penumpang yang naik dari wilayah Daop 3 Cirebon, pada hari sama meningkat hingga 103 persen, bila dibandingkan hari biasa, di mana totalnya ada 4.525 orang yang menggunakan kereta api dengan berbagai tujuan.

Ia menambahkan dengan meningkatnya penumpang kereta api, maka pihaknya mengoperasikan satu kereta api tambahan KA Argo Cheribon relas Cirebon ke Jakarta, untuk memenuhi animo masyarakat menggunakan jasa transportasi massal.

Baca juga: KAI Daop 8 Surabaya catat 22.588 penumpang kereta pada Selasa

"Untuk penumpang yang turun juga mengalami peningkatan, yaitu mencapai 103 persen," katanya.

Pada masa libur Idul Adha 1444 Hijriah, pihaknya memastikan semua sarana prasarana kereta api di Daop 3 Cirebon dalam kondisi siap dioperasikan untuk melayani para penumpang selama liburan.***1***
 

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023