Pengembangan WKP Way Ratai menjadi bukti komitmen PGEO untuk memberikan akses ke energi bersih bagi seluruh masyarakat Indonesia
Jakarta (ANTARA) - PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE) dan PT Jasa Daya Chevron, melalui perusahaan patungan yang didirikan kedua perusahaan, akan mengelola, mengembangkan, dan mengoperasikan wilayah kerja panas bumi Way Ratai di Lampung.

Pada 12 Juni 2023, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral secara resmi telah menetapkan konsorsium PGE (kode saham PGEO) dan Chevron New Energies melalui PT Jasa Daya Chevron, sebagai pemenang lelang wilayah kerja panas bumi Way Ratai Lampung.

"Berdasarkan pengumuman ini, PGE dan Chevron akan mendirikan perusahaan patungan sebagaimana yang disyaratkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku," kata Direktur Utama PGE Julfi Hadi dalam keterangan resmi di Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan pengembangan WKP Way Ratai menjadi bukti komitmen PGEO untuk memberikan akses ke energi bersih bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Lebih lanjut, Julfi menjelaskan perusahaan patungan tersebut akan membuat permohonan perizinan terkait serta melakukan kegiatan eksplorasi yang dilanjutkan dengan pembangunan pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) di area tersebut.

"Sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku dan ketentuan lelang WKP, PGE dan Chevron akan mengalokasikan komitmen eksplorasi ke dalam rekening bersama antara pemenang lelang dan pemerintah," tutur Julfi.

Chevron Indonesia Country Manager Wahyu Budiarto menambahkan bahwa keputusan Kementerian ESDM untuk menetapkan konsorsium PGE-Chevron untuk mengembangkan wilayah kerja panas bumi Way Ratai mencerminkan kepercayaan pemerintah pada kemampuan menandai tonggak penting dari kelanjutan operasi Chevron di Indonesia.

"Melalui kolaborasi bersama PGE, Chevron akan menunjukkan keahlian dan komitmennya dalam pengembangan energi terbarukan di Indonesia," katanya.

Baca juga: PGE setor dividen Rp24,3 miliar buat Aceh
Baca juga: Pengamat: Kinerja PGEO sinyal positif bagi pengembangan EBT Indonesia
Baca juga: Pertamina-Chevron teken perjanjian pengembangan teknologi CCS/CCUS


Pewarta: Sanya Dinda Susanti
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023