Jakarta (ANTARA) - Anggota DPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) menyatakan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) sebagai penggerak ekonomi bangsa Indonesia.

"Saya merasa bangga, karena UMKM merupakan tulang punggung perekonomian kita," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Hal itu disampaikan Ibas saat mengunjungi UMKM baju Muslim di Baruharjo, Trenggalek, Jawa Timur.

Dia mengapresiasi para pegiat konveksi dan penjahit di desa yang telah mengembangkan UMKM, dengan produksi berbagai jenis pakaian Muslim seperti kerudung, baju koko, gamis, mukena, dan sebagainya.

"Alhamdulillah, ternyata masyarakat di Baruharjo ini sangat kreatif. Bapak Lurah tadi menyampaikan bahwa 50 persen dari masyarakat terlibat dalam usaha UMKM," ungkapnya.

Ibas menyadari bahwa situasi bangsa Indonesia saat ini tidak baik-baik saja. Kemiskinan masih tinggi, tingkat pengangguran masih banyak, dan pendapat masyarakat masih kurang diperhatikan. Selain itu, pemerataan dan keadilan juga masih terbatas.

Ibas juga mengungkapkan penentangannya terhadap impor barang atau baju bekas, yang menurutnya dapat mengganggu perkembangan usaha konveksi rumah tangga di Indonesia. Ia mengungkapkan tekadnya untuk mendukung dan memperjuangkan kepentingan UMKM.

Ibas kemudian mengajak seluruh pihak untuk terus melanjutkan upaya pemerataan dan keadilan ekonomi, serta memperjuangkan hak-hak masyarakat dalam pembuatan kebijakan yang berkaitan dengan sektor UMKM. Mendukung produk dalam negeri dan mendorong pertumbuhan UMKM agar ekonomi bangsa semakin kuat.

“Dengan memberikan dukungan dan bantuan yang tepat terhadap UMKM, para pelaku usaha dapat terus berkembang, menciptakan lapangan kerja, dan berkontribusi dalam mengurangi kemiskinan dan pengangguran,” katanya menegaskan.

Selain memberikan bantuan sembako kepada masyarakat, Ibas juga melakukan dialog dengan para pelaku usaha UMKM. Ia mendengarkan masukan, keluhan, dan harapan dari para pengusaha konveksi dan penjahit. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk memahami lebih dalam kondisi dan tantangan yang dihadapi oleh sektor UMKM, serta merumuskan solusi yang lebih baik.

Baca juga: Kadin sebut Idul Adha menjadi momentum peningkatan UMKM

Baca juga: Lebih dari 2.000 UMKM ikuti Program Pengembangan Pegadaian

Pewarta: Fauzi
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2023