Gratis, seluruh lapisan masyarakat hanya tinggal naik saja dari setiap koridor LRT satu hari penuh pada 1 Juli 2023
Palembang, Sumatera Selatan (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota Besar Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), memberikan layanan moda transportasi kereta ringan (Light Rail Transit/LRT) secara gratis dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-77 tahun pada 1 Juli 2023.

“Gratis, seluruh lapisan masyarakat hanya tinggal naik saja dari setiap koridor LRT satu hari penuh pada 1 Juli 2023,” kata Kepala Kepolisian Resor Kota Besar (Kapolrestabes) Palembang Kombes Pol Haryo Sugihartono, di Palembang, Rabu.

Pemberian layanan itu, kata dia, merupakan bentuk dukungan Polri pada Gerakan Nasional Kembali ke Angkutan Umum (GNKAU).

GNKAU merupakan program yang diprakarsai Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang dan daerah lainnya di Indonesia untuk mengurangi angka kemacetan dan pengurangan emisi gas rumah kaca.

“Momentumnya pun tepat untuk mengurai kemacetan karena HUT Bhayangkara tahun ini masih dalam periode libur Lebaran Idul Adha dan akhir sekolah yang tentunya ramai,” katanya.

Baca juga: LRT Sumsel tambah 8 perjalanan pada Lebaran 2023

Selain itu,  lanjutnya, melalui layanan tersebut diharapkan dapat meningkatkan minat masyarakat untuk menggunakan LRT Palembang untuk kegiatan sehari-hari.

LRT Palembang yang dikelola oleh Balai Pengelola Kereta Api Ringan Sumatera Selatan (BPKARSS) merupakan percontohan nasional angkutan umum modern yang terintegrasi.

“Maka dengan seluruh kemudahannya, mari manfaatkan LRT,” ujar Haryo.

LRT Palembang memiliki 94 perjalanan dari 13 koridor (Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II – Jakabaring), dan beroperasi setiap hari mulai dari pukul 05.06 WIB – 20.43 WIB dengan jarak antar-kereta (headway) 17 menit.

BPKARSS dan Pemkot Palembang telah menyiapkan angkutan feeder gratis yang akan mengantarkan masyarakat di pelosok kota untuk menjangkau setiap koridor LRT.

Rute angkutan feeder LRT tersebut diantaranya yakni koridor 1 (Talang Kelapa - Talang Buruk) dan koridor 2 (Asrama Haji - Sematang Borang), Koridor 3 (Asrama Haji - Talang Betutu), Koridor 4 (Stasiun Polrestabes - Perumahan OPI), Koridor 5 (Stasiun DJKA - Tegal Binangun), Koridor 6 (Stasiun RSUD-Sukawinatan), dan Koridor 7 (Bukit - Stadion Kamboja via Stasiun Sriwijaya).

Baca juga: PT KAI gratiskan tarif LRT Sumsel pada HUT Kota Palembang

Pewarta: Muhammad Riezko Bima Elko
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023