Jakarta (ANTARA) -
Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono dan Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali melaksanakan ibadah shalat Idul Adha 1444 Hijriah sekaligus menyerahkan hewan kurban di Markas Marinir, Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis.

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI Mar Nur Alamsyah mengatakan Yudo menyerahkan seekor sapi seberat 1,4 ton ke Korps Marinir; sedangkan Ali menyerahkan seekor sapi seberat 1,3 ton.

"Pagi hari ini, kami melaksanakan shalat id bersama di Lapangan Apel Brigif 1 Marinir Cilandak. Kebetulan pada saat kesempatan yang baik ini, Bapak Kepala Staf Angkatan Laut, Panglima TNI, juga hadir bersama kami. Bahkan, memberikan bantuan sapi masing-masing dari beliau ini," kata Nur di Markas Marinir, Cilandak, Jakarta, Kamis.

Baca juga: Presiden Jokowi dan Polri sumbang sapi kurban Masjid KH Hasyim Asy'ari

Total hewan kurban dari jajaran Marinir di Markas Marinir, Cilandak, itu ialah 36 ekor sapi dan 58 ekor kambing. Nur menyebut daging kurban itu akan dibagikan ke lingkungan sekitar kompleks Marinir hingga ke daerah-daerah latihan TNI.

"Nanti, hasil hewan kurbannya akan kami salurkan ke sekitar perumahan kami, ke orang yang berhak menerima maupun ke daerah-daerah latihan kami," tambah Nur.

Berdasarkan pantauan ANTARA di lapangan, Kamis, Yudo dan Ali tiba di Lapangan Apel Brigif 1 untuk ibadah shalat Idul Adha pukul 06.40 WIB. Keduanya kemudian mengambil tempat di saf paling depan dan mengikuti shalat bersama ratusan jemaah lain.

Baca juga: Warga Yogyakarta antusias Shalat Idul Adha bersama Presiden Jokowi

Usai shalat, pukul 07.20 WIB, Yudo dan Ali lanjut melaksanakan ramah tamah dan makan bersama keluarga besar Marinir. Selanjutnya, pukul 08.15 WIB, Yudo dan Ali beserta rombongan bergeser untuk prosesi penyerahan hewan kurban.

Lebih lanjut, Nur menjelaskan bahwa tidak ada alasan khusus Yudo memilih menjalankan ibadah shalat Idul Adha di Markas Marinir.

"Beliau kan boleh di mana saja karena beliau panglima TNI. Tentunya, beliau mau shalat di sini, shalat di tempat yang lain, di jajaran bawahan beliau, kan beliau boleh di mana saja. Kebetulan kami mendapatkan kehormatan tahun ini beliau shalat bersama kami di sini," jelas Nur.

Baca juga: Ma'ruf Amin: Masyarakat yang mampu jangan sampai tidak berkurban

Dia menambahkan Idul Adha merupakan momentum bagi umat Islam yang akan memberikan hikmah serta meningkatkan keikhlasan dan keimanan umat kepada Tuhan yang Maha Kuasa.

"Juga tadi yang disampaikan pak ustadz saat memberikan ceramah tadi, keikhlasan bakti kita kepada orang tua, keikhlasan kita pada Yang Maha Kuasa, keikhlasan kita berbuat yang terbaik kepada bangsa dan negara," ujar dankomar yang baru menjabat pada 21 Mei lalu itu.

Baca juga: Ribuan orang shalat Idul Adha di Jakarta Islamic Center

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023