Jakarta (ANTARA) - Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang Heri Ahmadi mengajak Warga Negara Indonesia (WNI) di Jepang menjaga nama baik bangsa dengan menaati aturan-aturan di Negeri Sakura itu, selain terus memupuk semangat cinta tanah air sendiri.

"Tunjukkan bahwa Islam adalah Rahmatan Lil Alamin, Rahmat untuk semesta alam," sambung Ahmadi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (29/6).

Ahmadi juga mengajak WNI yang mengikuti salat Idul Adha di KBRI Tokyo agar meneladani Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail dengan saling berbagi dan memperkuat sliaturahmi sesama WNI sehingga memudahkan mereka dalam beraktivitas apa pun.

Ahmadi memastikan KBRI Tokyo akan selalu memberikan pelayanan, dukungan dan perlindungan bagi WNI, serta menjaga semangat 65 tahun hubungan Indonesia-Jepang.

Salat Idul Adha kali ini diikuti lebih dari dua ribu warga Indonesia yang bermukim di Jepang dan dilaksanakan di Masjid Indonesia Tokyo.

Baca juga: Dubes RI: Lawatan Kaisar Naruhito sinyal penguatan kerja sama

Salat ied ini terselenggara berkat kerjasama erat antara Keluarga Masyarakat Islam Indonesia (KMII) di Jepang dan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Tokyo, Jepang,

"Salat Idul Adha kali ini digelar dengan tiga gelombang dengan jumlah lebih dari dua ribu orang.  Alhamdulillah terlaksana dengan baik kerja sama KMII dan KBRI," kata Ketua KMII Muhammad Aziz.

Sementara itu khatib salat ied itu, Ustad Muhammad Hanif, menyampaikan pesan Nabi Muhammad SAW saat haji terakhirnya.

“Nabi Muhammad menyamakan kesucian jiwa seorang muslim ini dengan bulan yang suci. Hal ini menunjukkan pentingnya nilai kemanusiaan dan pentingnya menghormati hak-hak sesama. Nabi juga menekankan pentingnya keadilan sosial-ekonomi untuk semua umat," terang Hanif.

Selain salat Idul Adha, panitia juga menggelar acara Kids Ceria bagi anak-anak yang berisi permainan dan drama anak tentang kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail.

Baca juga: PPI Hokkaido gandeng KBRI Tokyo gelar temu ilmiah tahunan


 

Pewarta: Yoanita Hastryka Djohan
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2023