Banda Aceh (ANTARA) - Dewan Dakwah Aceh bekerjasama dengan Laznas Dewan Dakwah Pusat menyalurkan 82 ekor hewan kurban jenis domba dan kambing serta dan 10 ekor sapi ke berbagai daerah perbatasan dan pedalaman Aceh.

“Iya, penyembelihan mulai hari ini, sebagian  (30/6) besok,” kata Ketua Panitia Pelaksana Tgk Suwardi Isiem di Banda Aceh, Kamis.

Ia mengatakan kegiatan itu bertema Tebarkan Kurban di Pedalaman Aceh, yang dilaksanakan dalam rangka hari raya Idul Adha 1444 Hijriah. Hewan-hewan kurban tersebut berasal dari Laznas Dewan Dakwah Pusat, para pengurus dan keluarga besar Dewan Dakwah Aceh serta juga simpatisan lainnya.

“Alhamdulillah, tahun ini Dewan Dakwah Aceh kembali menghimpun hewan kurban dan menyalurkannya ke daerah perbatasan dan pedalaman yang ada di Aceh,” katanya.

Baca juga: Keluarga kurang mampu di Aceh diberikan bantuan paket Ramadhan

Baca juga: Ulama: Dewan Dakwah Pidie jangan hanya diam


Tgk Suwardi menambahkan hewan kurban dari Dewan Dakwah Aceh itu disalurkan ke berbagai daerah perbatasan dan pedalaman di Tanah Rencong, di antaranya ke Aceh Singkil, Subulussalam dan Pulau Banyak, Aceh Singkil.

“Selain itu ke kabupaten lainnya seperti Abdya, Langsa, Pidie dan Aceh Besar. Juga disalurkan ke masyarakat di sekitaran markas Dewan Dakwah Aceh, yaitu di Rumpet, Kecamatan Krueng Barona Jaya, Aceh Besar,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Dewan Dakwah Aceh Zulfikar menjelaskan tujuan utama dari penyaluran hewan kurban ke daerah pedalaman dan perbatasan adalah untuk mewujudkan keadilan sosial.

Beberapa daerah tersebut memiliki akses terbatas terhadap sumber daya dan kesempatan yang ada. Diharapkan masyarakat di wilayah tersebut dapat merasakan manfaat yang sama seperti masyarakat di daerah lebih berkembang.

Selain itu juga untuk memberikan bantuan kemanusiaan kepada masyarakat yang membutuhkan, dimana daerah pedalaman dan perbatasan Aceh memiliki tingkat kemiskinan yang lebih tinggi.

Sehingga penyaluran tersebut dapat memberikan akses kepada masyarakat yang membutuhkan untuk memperoleh daging hewan kurban, yang mungkin sulit dijangkau secara ekonomis oleh mereka.

“Program kurban ini sebagai bentuk perhatian kepada saudara kita di daerah perbatasan dan pedalaman Aceh. Semoga tepat sasaran dan bermanfaat bagi masyarakat setempat,” ujar Zulfikar.*

Baca juga: Ribuan umat Islam Aceh shalat Idul Adha di lapangan Blang Padang

Baca juga: Penumpang mudik Idul Adha di terminal Banda Aceh naik 90 persen

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023