Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berharap momen Idul Adha 1444 Hijriah dapat menjadi pengingat untuk memperkuat solidaritas terutama untuk hal-hal yang berkaitan dengan kemanusiaan.

AHY juga menyampaikan bahwa Lebaran Besar merupakan momentum memperkuat persaudaraan, terutama terhadap sesama umat Islam (ukhuwah islamiah).

"Semoga ini semua bisa menambah solidaritas, ukhuwah islamiah, dan juga solidaritas kemanusiaan kita pada Idul Adha ini," kata AHY selepas mengikuti salat Id di Pacitan, Jawa Timur, Kamis, sebagaimana disiarkan dalam siaran resmi Partai Demokrat yang diterima di Jakarta.

Dalam perayaan Idul Adha, 10 Zulhijah 1444 Hijriah, AHY beserta keluarga intinya memilih memperingati hari besar umat Islam itu di Pacitan, tanah kelahiran ayahnya, presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

AHY beserta keluarga salat Id di Masjid Agung Darul Falah, Pacitan, bersama anggota Fraksi Partai Demokrat DPR RI Sartono Hutomo dan Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji.

Usai mengikuti salat dan mendengar khotbah dari Ketua PCNU Pacitan Sutrisno, AHY dan keluarga menyerahkan hewan kurban berupa sapi ke Masjid Agung Darul Falah.

Hewan kurban itu kemudian disembelih di rumah potong hewan (RPH) yang lokasinya di Kompleks Pasar Hewan, Pacitan.

Daging kurban itu disalurkan kepada warga di beberapa daerah, di antaranya Desa Kalikuning, Desa Glinggangan, beberapa kecamatan di Kota Pacitan, beberapa desa di Kecamatan Kebonagung, dan Kecamatan Arjosari.

"Mudah-mudahan sekali lagi (kurban) ini membawa keberkahan, kebaikan, dan juga kesejahteraan untuk kita semua," kata AHY.

Dalam kesempatan yang sama, dia juga mendoakan Bupati Pacitan tetap amanah dalam menjalankan tugas-tugasnya.

"Semoga Bapak Bupati dan semua yang saat ini (memimpin) menegang amanah memimpin Pacitan, (dan semoga) diberikan kesehatan bisa terus memimpin Pacitan, memajukan kabupaten yang kita banggakan ini, termasuk meningkatkan kesejahteraan rakyatnya agar bisa benar-benar diberkahi Allah Swt.," kata AHY.

Baca juga: Hoaks! Anies gagal nyapres karena Demokrat keluar koalisi pada 17 Juni
Baca juga: Pengamat: Pertemuan Puan-AHY momentum untuk mengawal proses demokrasi

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023