Changsha (ANTARA) - Wakil Presiden (Wapres) China Han Zheng pada Rabu (28/6) melangsungkan pertemuan terpisah dengan Presiden Malawi Lazarus Chakwera dan Presiden Zanzibar Hussein Ali Mwinyi, yang sedang berada di China untuk menghadiri Pameran Ekonomi dan Perdagangan China-Afrika ketiga, di Changsha, Provinsi Hunan.

Saat bertemu dengan Chakwera, Wakil Presiden China Han Zheng mengatakan bahwa China dan Malawi merupakan mitra pembangunan yang saling mendukung dan percaya.

Di bawah pengawasan dan arahan kedua kepala negara, hubungan China-Malawi menikmati pembangunan yang berkelanjutan, solid, dan sehat dengan kerja sama yang bermanfaat.

China mendukung Malawi dalam mengeksplorasi jalur pembangunan yang sesuai dengan kondisi nasionalnya secara mandiri dan siap bekerja sama dengan Malawi untuk terus mengonsolidasikan kepercayaan politik, memperdalam kerja sama praktis, dan bersama-sama mendorong hubungan persahabatan dan kerja sama China-Malawi ke tingkat yang lebih tinggi, kata Han.

Perusahaan-perusahaan Malawi dapat secara aktif menggunakan Pameran Ekonomi dan Perdagangan China-Afrika serta platform lainnya untuk memperdalam kerja sama ekonomi dan perdagangan bilateral, imbuh Han.

Chakwera berterima kasih kepada China atas dukungan kuatnya untuk pembangunan ekonomi Malawi dan peningkatan mata pencaharian masyarakat.

Malawi sangat mementingkan pengembangan hubungan dengan China, berpegang teguh pada kebijakan Satu China, serta bersedia melakukan pertukaran dengan China dalam mengelola negara dan memperkuat kerja sama pragmatis di berbagai bidang.

Saat bertemu dengan Mwinyi, Han mengatakan bahwa China dan Tanzania adalah teman baik, saudara, dan mitra.

Hubungan kerja sama yang bersahabat antara China dan Zanzibar merupakan bagian penting dari hubungan China-Tanzania.

Kerja sama China-Tanzania menikmati momentum yang sehat, yang telah memperkaya konotasi kemitraan kerja sama strategis komprehensif China-Tanzania.

Kedua pihak harus memanfaatkan implementasi konsensus yang dicapai oleh kedua kepala negara sebagai kesempatan untuk memperkuat komunikasi dan pertukaran, memanfaatkan potensi kerja sama, dan mendorong hubungan bilateral, kata Han.

Han menekankan bahwa China bersedia memperkuat solidaritas dan kerja sama dengan negara-negara Afrika, termasuk Tanzania, untuk membuka prospek baru kerja sama China-Afrika.

Mwinyi berterima kasih kepada China atas dukungan jangka panjangnya untuk pembangunan ekonomi dan sosial Tanzania. Tanzania selalu memberikan dukungan kuat kepada China pada isu-isu yang melibatkan kepentingan inti China.

Dengan arahan strategis kedua kepala negara, kedua pihak diharapkan dapat terus memperdalam kerja sama bilateral di berbagai bidang.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Hanni Sofia
Copyright © ANTARA 2023