Jakarta (ANTARA) - Ragam peristiwa politik mewarnai pemberitaan nasional, Kamis (29/6) kemarin mulai dari Pertemuan Anies Baswedan dengan Ganjar Pranowo di Makkah, Arab Saudi, hingga Wapres ajak masyarakat berkurban.


Berikut lima berita politik menarik kemarin yang dirangkum ANTARA:

 

1. Pertemuan Anies-Ganjar di Makkah bawa momen kesejukan

Pertemuan Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo di jamuan makan siang undangan Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud di Makkah, Kamis (29/6), membawa momen kesejukan, ujar penceramah Islam Yusuf Mansur.

 

"Yang jelas saya senang, pertemuan ini begitu damai, kontestasi cinta, saling beradu narasi, gagasan, visi misi ke depannya," ujar Yusuf Mansur saat ditemui di Makkah, Kamis.

Selengkapnya di sini

 

2. Ma'ruf Amin: Masyarakat yang mampu jangan sampai tidak berkurban

Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengajak masyarakat yang memiliki kemampuan dan kelebihan untuk menyumbangkan hewan kurban dalam rangka Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah.

 

"Saya mengajak semua masyarakat yang mampu, yang punya kelebihan, jangan sampai tidak berkurban," kata Ma'ruf Amin saat menyampaikan keterangan usai shalat Idul Adha di Masjid Istiqlal, Jakarta, Kamis.

 

Selengkapnya di sini

 

3. Ketua MUI sebut Idul Adha momen teladani ketaatan dan pengorbanan

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Pendidikan dan Kaderisasi Abdullah Jaidi mengatakan bahwa peringatan Idul Adha merupakan momentum untuk meneladani ketaatan dan pengorbanan kepada Tuhan.

 

Dia bercerita saat itu Tuhan memerintahkan Nabi Ibrahim untuk menyembelih putranya sendiri, yakni Nabi Ismail. Nabi Ibrahim pun menyanggupi perintah tersebut.

 

Selengkapnya di sini

 

4. KPU tak permasalahkan sosialisasi bacapressebelum resmi mendaftar

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI tidak mempermasalahkan adanya sejumlah tokoh yang disebut-sebut sebagai bakal calon presiden yang melakukan sosialisasi kepada masyarakat karena mereka belum resmi mendaftarkan diri sebagai bacapres.

 

"Yang namanya bakal calon presiden, capres, itu belum ada, pendaftarannya masih Oktober 2023. Jadi, orang-orang ini bukan siapa-siapa bagi KPU. Ya belum siapa-siapa, bagaimana kami mau mengatur," ujar Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari kepada wartawan usai melantik 220 anggota KPU kabupaten/kota di Halaman Kantor KPU RI, Jakarta, Rabu.

 

Selengkapnya di sini

 

5. Satgas perbatasan terima empat pucuk senpi dari simpatisan KKB

Satuan tugas pengamanan perbatasan RI-Papua Nugini (PNG) Yonif 132/BS, menerima empat pucuk senjata api(senpi) jenis Mouser beserta tiga butir amunisi kaliber 7,62 mm dari simpatisan kelompok kriminal bersenjata(KKB) di perbatasan Papua.

 

Wadansatgas Mayor Inf Zulfikar Rakita Dewa di Skouw, Kota Jayapura, mengatakan, empat pucuk senpi itu diterima dari simpatisan KKB wilayah perbatasan Papua, diserahkan secara terpisah.

 

Selengkapnya di sini

 

 

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023