Berlin  (ANTARA News) - Tuan rumah Borussia Dortmund melakukan pemanasan untuk pertandingan Liga Champions mereka melawan Shakhtar Donetsk, dengan menang 3-1 atas Hanover 96 untuk tetap bertahan di peringkat kedua klasemen Liga Jerman.

Dengan pemuncak klasemen Bayern Munich baru akan menghadapi tim yang terancam degradasi Hoffenheim pada Minggu, kemenangan Dortmund untuk sementara memangkas keunggulan tim Bavaria itu menjadi 14 angka.

Penyerang Polandia Robert Lewandowski, yang diizinkan bermain pada Jumat setelah Asosiasi Sepak Bola Jerman (DFB) mengurangi skorsing tiga pertandingannya, mencetak dua gol pada babak pertama ketika tuan rumah unggul 2-0 pada 21 menit pertama.

Dengan bek Jerman Mats Hummels absen karena flu, pemain Brazil Felipe Santos mengisi posisi bek tengah, namun sundulan buruknya memaksa kiper Roman Weidenfeller melakukan penyelamatan.

Penyelamatan itu membuat bola jatuh ke jalur penyerang Norwegia Mohammed Abdellaoue, yang menyundul bola untuk mencetak gol bagi Hanover pada menit ke-40.

Pelapis Lewandowski, Julian Schieber, yang memulai pertandingan sebagai pemain sayap kanan, memastikan kmenangan timnya ketika ia menyundul bola ke arah gelandang Dortmund Jakub Blaszczykowski, kemudian menyambar umpan yang dikembalikan kepada pada menit ke-72.

Schalke, yang akan menjamu Dortmund di derby Ruhr Valley pada Sabtu depan, naik ke peringkat keenam setelah mereka mengalahkan Wolfsburg dengan skor 4-1, di mana gelandang muda Julian Draxler (19) terlibat dalam ketiga gol di babak pertama.

Terperosok dari peringkat kedua menjadi penghuni peringkat kesepuluh pada awal Februari, Schalke masih berpeluang menjuarai Liga Champions setelah bermain imbang 1-1 dengan tuan rumah Galatasaray di mana pertandingan kedua akan dimainkan di Gelsenkirchen pada 12 Maret.

Drexler, yang bertekad menembus timnas Jerman, membuka keunggulan timnya dengan sepakan hebat pada menit ke-33, kemudian membentur mistar gawang dengan kiper Wolves Diego Benaglio telah ditaklukkan, sebelum mencetak gol ketiga meski ia mendapat perhatian dari empat bek pada menit ke-63.

Gelandang AS Jermaine Jones mendapatkan kartu kuning kelimanya, sehingga ia akan absen pada pertandingan melawan Dortmund Sabtu depan.

Draxler kemudian berperan dalam terciptanya gol ketiga pada menit ke-79 dari situasi tiga lawan tiga, ketika ia berlari sprint sebelum mengoperkan bola ke Jefferson Farfan untuk mencetak gol, sebelum Klaas-Jan Huntelaar mencetak gol keempat pada menit ke-89.

Penyerang Kroasia Ivica Olic mencetak satu gol bagi Wolves saat pertaningan tinggal menyisakan waktu 50 menit, namun mereka tetap menghuni peringkat ke-15, satu posisi di atas zona degradasi setelah mencapai semifinal Piala Jerman pada tengah pekan dengan menaklukkan tim divisi ketiga Kickers Offenbach.

Bremen menderita kekalahan berturut-turut ketiga mereka, yang membuat mereka terperosok ke peringkat ke-13, setelah mereka takluk 0-1 di kandang sendiri dari Augsburg, yang tetap menghuni peringkat ketiga dari bawah, sedangkan Nuremberg naik ke peringkat ke-12 dengan bermain imbang 1-1 dengan tamunya Freiburg.

Hamburg turun ke peringkat ketujuh setelah bermain imbang 1-1 dengan tim juru kunci Greuther Fuerth, sedangkan tim peringkat ketiga Bayer Leverkusen menjamu tim papan tengah Stuttgart pada Sabtu malam.

Pada Jumat, Moenchengladbach naik ke peringkat kedelapan setelah meraih kemenanan pertama mereka dari tujuh pertandingan berkat gol tunggal Luuk de Jong, saat mereka menang 1-0 atas Eintracht Frankfurt, yang tetap menghuni peringkat keempat meski sekarang telah menjalani lima pertandingan tanpa mencetak satu gol pun, demikian AFP.

(H-RF/I015)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013