Jakarta (ANTARA) - Pemain bola basket putri asal Surabaya Shannon Dominique Susila masuk dalam daftar nama pemain putri internasional yang mengikuti program Jr. NBA Showcase di Las Vegas, 12-16 Juli.

“Dengan Jr. NBA Showcase, para pemain muda dari seluruh dunia akan mendapatkan wadah baru untuk berkembang sebagai pemain dan pemimpin, menunjukkan potensi mereka serta menciptakan kenangan seumur hidup mereka. Pada musim panas tahun ini Las Vegas akan menjadi pusat berlangsungnya bakat terbaik basket ditampilkan,” ujar NBA Senior Vice President, Head of Youth Basketball Development David Krichavsky dalam keterangan resmi, Jumat.

Adapun Shannon merupakan salah satu dari 40 pemain berbakat usia 13 dan 14 tahun dari 17 negara yang mengikuti ajang basket global bagi pemain muda persembahan NBA, WNBA, dan Nike tersebut.

“Bersama dengan Nike, NBA, dan WNBA berkomitmen untuk meningkatkan pengalaman bermain basket bagi para pemain muda di seluruh tingkatan, dan Jr. NBA Showcase memberikan kesempatan baru bagi para pemain usia 13 dan 14 tahun dalam mempersiapkan langkah selanjutnya dalam perjalanan mereka di dunia basket,” ujar Krichavsky.

Program pelatihan basket dan pengembangan kepemimpinan ini akan dilaksanakan bersamaan dengan AT&T WNBA All-Star 2023 dan NBA 2K24 Summer League 2023, serta akan dimeriahkan dengan pertandingan eksibisi pada 15 Juli di Cox Pavilion.

Para peserta Jr. NBA Showcase akan turut serta dalam program pengembangan keterampilan, latihan beregu, serta pertandingan eksibisi bersama dengan rekan-rekan dari seluruh dunia.

Baca juga: NBA dan organisasi pemain sepakati kesepakatan kolektif baru

Para pemain muda ini juga akan berkesempatan untuk menunjukkan keterampilan serta bakat mereka dalam sesi Jr. NBA Showcase Skills Competition yang dipersembahkan oleh Gatorade, yang juga akan menampilkan kompetisi three-point, dunk, dan kontes bakat lainnya pada 14 Juli di lapangan yang nantinya akan digunakan untuk ajang AT&T WNBA All-Star.

Selain itu, para peserta akan mengikuti dan memimpin kegiatan coaching clinic bagi anak muda yang merupakan salah satu bagian dari acara NBA Cares, di mana mereka akan mendapatkan keterampilan tentang kehidupan sehari-hari serta program pengembangan kepemimpinan di bawah bimbingan para pemain aktif, mantan pemain, serta pelatih dari NBA, WNBA, dan G League.

Para peserta juga akan merasakan keseruan dari pergelaran WNBA dan NBA dengan menghadiri rangkaian acara AT&T WNBA All-Star Weekend dan NBA 2K24 Summer League.

Upaya pengembangan olahraga basket NBA mencakup sistem akar rumput (grassroots) hingga sistem elit yang menyediakan program sesuai dengan usia serta tahapan, sehingga dapat membantu pemain berkembang dengan aman dan efektif di semua tingkatan.

Jr. NBA Showcase diharapkan mampu menambahkan lapisan baru pada upaya liga yang telah dilakukan sebelumnya dalam memberikan kesempatan bagi para atlet usia sekolah menengah pertama dan menengah atas untuk semakin berkembang.

Pertandingan eksibisi Jr. NBA Showcase akan ditayangkan secara langsung di NBA App dan pada NBA TV di hari selanjutnya.

Baca juga: Stephen Curry bagikan perjalanan di dunia basket lewat film dokumenter
Baca juga: Jr. NBA gelar Turnamen 3v3 untuk pemain muda Indonesia

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023