...paling lambat jam satu siang ini siapa pasangan memiliki suara terbanyak, akan ditetapkan sebagai gubernur dan wakil gubernur tepilih...
Bandung (ANTARA News) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat berharap pelaksanaan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pilgub Jabar 2013, di Sekretariat KPU Jabar Kota Bandung, Minggu, selesai dalam waktu tiga jam.

"Rencananya jam 10 pagi ini dimulai. Ya, paling lambat jam satu siang ini siapa pasangan memiliki suara terbanyak, akan ditetapkan sebagai gubernur dan wakil gubernur tepilih," kata Ketua KPU Jawa Barat Yayat Hidayat.

Rapat pleno tersebut, kata dia, dihadiri oleh KPU kabupaten dan kota, Panwaslu, stakeholder, perwakilan organisasi massa dan ketua-ketua partai pengusung cagub-cawagub.

Menurut dia, pemenang Pilgub Jabar 2013 ialah peraih suara terbanyak dan apabila raihan suaranya di atas 30 persen, maka pilgub berlangsung satu putaran.

"Dan kalau ada dua kandidat atau lebih dengan raihan di atas 30 persen, pemenangnya ialah yang meraih suara terbanyak," kata dia.

Akan tetapi, lanjut Yayat, jika tidak ada kandidat yang mencapai 30 persen maka Pilgub Jabar berjalan dua putaran.

"Jadi untuk pasangan yang melenggang ke putaran dua adalah dua pasangan dengan raihan suara tertinggi," kata dia.

Ia menuturkan apapun hasilnya dari rapat pleno terbuka tersebut, semua pihak diharapkan bisa menerima.

(KR-ASJ)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013