Jakarta (ANTARA) - Dinas Perhubungan DKI Jakarta mengimbau masyarakat yang ingin ke Pekan Raya Jakarta (PRJ) atau Jakarta Fair di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, menggunakan transportasi umum untuk menekan kemacetan di kawasan tersebut.
 
"Tentu kami mengimbau kepada masyarakat agar ke PRJ itu tetap menggunakan angkutan umum," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat.

Masyarakat yang hendak ke PRJ bisa menggunakan KRL (Kereta Rel Listrik) Commuter Line turun di Kemayoran. "Kemudian di sana sudah disiapkan 'shuttle bu'  (bus antar-jemput)," katanya.
 
Menurut Syafrin, kunjungan ke PRJ semakin padat saat cuti bersama Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah dan libur panjang akhir pekan.

Baca juga: Polisi imbau pengunjung PRJ gunakan transportasi umum
 
Syafrin menyebutkan, kemacetan cukup panjang terjadi sejak Selasa (27/6) saat kendaraan pengunjung memenuhi antrean masuk ke parkiran PRJ.
 
"Kepadatan lalu lintas atau kemacetan apalah itu terjadi di kawasan Jalan Benyamin Sueb, kemudian di Jalan Angkasa dan jalan di sekitarnya," ujar Syafrin.
 
Dishub DKI Jakarta terus memantau masifnya masyarakat yang menggunakan kendaraan pribadi sehingga menyebabkan kepadatan di kawasan PRJ beberapa hari terakhir.
 
"Sebenarnya di sana sudah disiapkan lahan parkir, tapi karena bersamaan masyarakat masuk sehingga ada kepadatan," kata Syafrin.

Baca juga: Pengunjung kecewa harus menunggu jam buka Jakarta Fair pukul 14.00 WIB

Pemerintah Provinsi (Pemrov) DKI Jakarta sudah menyiapkan tiga rute TransJakarta menuju PRJ, Kemayoran.
 
Yakni  rute 2C (Balaikota-JIExpo), rute PRJ1 (PGC 1-JIExpo Kemayoran), rute PRJ2 (Matraman Baru-JIExpo Kemayoran) dan rute PRJ3 (Pulo Gadung 1-JIExpo Kemayoran).
 
Rute bus TransJakarta khusus PRJ tersebut melayani pelanggan selama kegiatan berlangsung mulai 14 Juni hingga 16 Juli 2023.
 
Waktu operasi bus ini mulai Senin sampai Jumat pukul 15.00 WIB-23.00 WIB dan Sabtu-Minggu mulai pukul 09.00 WIB-24.00 WIB.
 
Pameran terlama dan terbesar di kawasan Asia Tenggara, Jakarta Fair atau Pekan Raya Jakarta (PRJ) itu digelar selama 33 hari pada 14 Juni-16 Juli 2023 di Jakarta International Expo (JIEXPO) Kemayoran, Jakarta Pusat.
 

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023