Di babak pertama, pemain-pemain Persipura terlihat agak susah menembus pertahanan "Laskar Antasari"...
Jayapura (ANTARA News) - Persipura Jayapura mengalahkan tamunya Barito Putera dengan skor 4-1 dalam lanjutan Liga Super Indonesia (LSI) di Stadion Mandala, Jayapura, Papua, Minggu sore.

Di babak pertama, pemain-pemain Persipura terlihat agak susah menembus pertahanan "Laskar Antasari" yang dikawal oleh Agus Cima dan Henry Njobi Elad.

Namun, petaka terjadi pada menit ke-22 bagi tim tamu, Zah Rahan Krangar dilanggar oleh salah satu pemain Barito Putra di kotak terlarang. Wasit Iwan Sukoco yang memimpin pertandingan langsung menunjuk titik putih bagi tuan rumah.

Otavio Dutra yang ditunjuk menjadi algojo berhasil memperdayai kiper Dian Agus Prasetyo pada menit ke-23. Persipura pun unggul 1-0 atas tamunya.

Keunggulan ini tidak bertahan lama karena stiker asing Barito Putera, Coulibaly Djibril berhasil menyamakan kedudukan lewat titik putih pada menit ke-28 setelah salah satu pemain belakang Persipura menjatuhkan kapten tim Barito Putera, Mekan Nasrov, di kotak terlarang.

Merasa skor disamakan, Boas Salossa dan kawan-kawan langsung balik menyerang pertahanan Barito Putera yang diarsiteki oleh Salahudin. Alhasil tendangan bebas menyilang kegawang tim tamu dari Ricardo Salampessy dimanfaatkan sebaik mungkin oleh Bio Paulin Pierre yang terkenal jago tanduk itu pada menit ke-31 babak pertama.

Persipura kembali unggul atas tamunya Barito Putera 2-1. Dan, hingga pertambahan dua menit di babak pertama kedua tim tidak lagi menambah gol.

Memasuki babak kedua, tuan rumah Persipura lagsung menggebrak pertahanan tim tamu lewat tendangan Boas pada menit ke-57. Tendangan cip kapten Persipura itu dari sisi kanan pertahanan Barito Putera sebenarnya sudah tidak bisa dijangkau oleh Dian Agus Prasetyo, tetapi bola mengenai mistar gawang. Ribuan penonton dan suporter Persipuramania sempat menarik napas panjang. Gol gagal tercipta.

Memasuki pada menit ke-60-an Zah Rahan Krangar dan kawan-kawan terus memborbardir pertahanan Barito Putera, dan lewat kaki Gerard Pangkali yang menerobos masuk ke sisi kanan Barito yang mencoba mengoper bola kepada Boas, tetapi bola tersebut mengenai salah satu tangan pemain asal tim Kalimantan itu. Wasit pun langsung menunjukkan titik putih yang kedua kali bagi tuan rumah.

Otavio Dutra yang didaulat kembali menjadi algojo berhasil memperdayai kiper Dian Agus Prasetyo untuk kedua kalinya. Tendangan pelan tetapi terukur, mantan pemain Persebaya Surabaya itu berhasil menggetarkan gawang Barito untuk ketiga kalinya. Skor berubah, 3-1 untuk Persipura.

Sebenarnya, Barito Putera juga melakukan serangan, tetapi berbagai peluang yang ada selalu kandas di kaki Otavio Dutra dan Bio Paulin Pierre. Tercatat dua kali peluang yang didapatkan pemain pengganti Yongky Ariwibowo masih jauh di atas mistar gawang Yoo Jae Hoon.

Memasuki pertambahan waktu dibabak kedua, pemain pengganti Lukas Mandowen berhasil menggetarkan jala Barito Putera untuk yang keempat kalinya. Dan, hingga peluit panjang Persipura berhasil unggul dengan skor 4-1 atas tamunya itu.


Susunan pemain :

Persipura:
1. Yoo Jae Hoon (kiper), 4. Ricardo Salampessy/14. Ruben Sanadi, 5. Otavio Dutra, 45. Bio Paulin Pierre, 11. Imanuel Wanggai 8. Lim Jun Sik, 10. Zha Rahan Krangar/Ferry Pahabol, 15. Gerard Pangkali, 88. Patrick wanggai/33. Lukas Mandowen, 86. Boas Salossa (kapten), 26. Ortizan Salossa. Pelatih Jackson F. Thiago.


Barito Putera:
33. Dian Agus Prasetyo, 6. Agus Cima, 5 Henry NE, 25. Daewon Ha, 14. Faturahman, 44. Mekan Nasrov (kapten), 8. Amirul M, 23. Dedi Hartono/11. RTizki Mirzamah, 29. Ana Supriatna, 21, Coulibaly Djibril/9. Sugeng Wahyudi, 15. Nehemia Salossa/88. Yongky Ariwobowo. Pelatih Salahudin.

(D007)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013