Garut (ANTARA) - Bupati Garut Rudy Gunawan menyampaikan seorang hajah lanjut usia (lansia) asal Sukaregang, Kabupaten Garut, Jawa Barat, meninggal dunia di Mina karena sakit setelah mendapatkan penanganan medis di rumah sakit.

"Hajah itu atas nama Ny. Mimih, 67 tahun, dari Sukaregang, wafat sekitar pukul 03.45 (waktu setempat)," kata Rudy Gunawan di Garut, Jumat.

Ia mengatakan seorang hajah yang meninggal dunia itu merupakan rombongan KBIH Babussalam yang berangkat 20 Juni 2023.

Bupati menyampaikan berdasarkan laporan dari Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Garut Leli Yuliani, hajah itu sebelumnya sudah sakit saat awal pemberangkatan, begitu juga saat berada di Makkah.

Baca juga: Seorang haji asal Rejang Lebong meninggal di Makkah

Baca juga: Seorang haji asal Kabupaten Magetan meninggal dunia di Mina


Ia menyampaikan turut berduka cita dan mendoakan keluarga yang ditinggal diberi kesabaran, serta almarhum mendapatkan tempat yang terbaik karena meninggal dalam keadaan baik saat menjalankan ibadah haji.

"Saya terima laporan dari Ibu Kadinkes. Semoga almarhumah husnul khatimah, karena meninggal dalam keadaan ibadah," kata Bupati.

Bupati menyampaikan hasil laporan dari pendamping haji asal Garut bahwa hajah itu didiagnosa memiliki penyakit jantung dan diabetes.

Petugas kesehatan, kata Bupati, kemudian membawa Mimih yang dalam keadaan sakit ke rumah sakit setempat untuk mendapatkan penanganan medis.

"Dengan diagnosa jantung dan diabetes, almarhumah sudah kita rujuk ke rumah sakit, tapi semalam ingin tetap pulang ke tenda Mina," katanya.

Jamaah haji dari Kabupaten Garut yang berangkat tercatat sebanyak 1.938 orang, di antaranya 250 orang masuk kategori berisiko tinggi karena sakit atau usianya sudah di atas 75 tahun.

Pemberangkatan jamaah haji asal Garut itu dibagi enam kloter, dua kloter di antaranya digabung dengan daerah lain, dan untuk pemberangkatan pertama dari Garut pada 23 Mei 2023, dan terakhir berangkat 20 Juni 2023.*

Baca juga: Kemenag Cianjur mencatat tiga orang calon haji meninggal dunia

Baca juga: Seorang pengibadah haji asal Pasaman Barat meninggal dunia di Mina Mekkah

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023