Kupang (ANTARA) - Penjabat Wali Kota Kupang George Melkianus Hadjoh mengapresiasi terhadap para mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM) yang membuat website kecamatan di kelurahan di daerah itu guna memudahkan para camat dan lurah dalam pelayanan administrasi pemerintahan kepada masyarakat.

"Pemerintah tentu mengapresiasi terhadap para mahasiswa UGM yang melakukan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) dengan melakukan inovasi grand village di Kota Kupang," kata Penjabat Wali Kota Kupang George Melkianus Hadjoh di Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Jumat.

Baca juga: Mahasiswa KKN-PPM UGM bantu inovasi bisnis kopi di Samosir

Para mahasiswa KKN-PPM dari UGM itu tergabung dalam cluster Humaniora mencakup antropologi, arkeologi, fisipol, psikologi dan filsafat.

Sementara cluster Science mencakup Teknik Fisika, Arsitek, Teknik Sipil, Geodesi dan pembangunan wilayah Kota dan cluster Agronomi mencakup Pertanian, Peternakan dan Teknologi Pangan sedangkan cluster Medika mencakup kedokteran Hewan, kedokteran Gigi dan Farmasi.

Baca juga: UGM terjunkan 6.247 mahasiswa KKN ke 28 provinsi

George Melkianus Hadjoh mengatakan pemerintah dan masyarakat Kota Kupang mengucapkan limpah terima kasih kepada rektor dan seluruh civitas akademika UGM yang telah memilih Kota Kupang menjadi salah satu kota sasaran program KKN.

Sementara itu pendamping mahasiswa KKN-PPM UGM, Widianawati mengatakan kegiatan KKN yang dilaksanakan di Kelurahan Kelapa Lima dan Kelurahan Oesapa Barat dengan mengusung tema Inovasi Grand Village di Kecamatan Kelapa Lima.

Baca juga: Mendikbud lepas 4.504 mahasiswa KKN PPM UGM secara daring

Menurut dia kegiatan di Kecamatan Kelapa Lima menjadi titik awal dalam mendukung kelancaran program-program pemerintah sehingga menjadikan Kota Kupang sebagai salah satu smart city yang unggul.

"Berkaitan dengan smart village dibuat website KKN dan website kecamatan didukung dengan data one man one address sehingga memudahkan kegiatan camat dan lurah secara administrasi," kata Widianawati.

Ia mengatakan KKN yang dilaksanakan di Kota Kupang adalah membangun masyarakat mengenai kebersihan lingkungan dalam hal ini memanfaatkan sampah dan mengelola wilayah.

Baca juga: 4.504 mahasiswa UGM ikuti KKN-PPM secara daring
Baca juga: 354 mahasiswa UGM ikuti KKN Peduli COVID-19 secara daring

Pewarta: Benediktus Sridin Sulu Jahang
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2023