Kami persiapkan empat trip mulai Jumat ini sampai dengan Minggu, antisipasi masyarakat yang hendak menyeberang
Banda Aceh (ANTARA) - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menambah trip penyeberangan Banda Aceh - Sabang dari Pelabuhan Penyeberangan Ulee Lheu Banda Aceh dan Balohan Sabang atau sebaliknya, dalam melayani peningkatan penumpang selama libur Idul Adha 1444 Hijriah dan libur sekolah.

“Kami persiapkan empat trip mulai Jumat ini sampai dengan Minggu, antisipasi masyarakat yang hendak menyeberang,” kata General Manager PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Banda Aceh Agus Djoko Triyanto di Banda Aceh, Jumat.

Ia menjelaskan, ASDP Cabang Banda Aceh menyiapkan dua kapal untuk melayani penumpang saat libur panjang kali ini, dengan rute Banda Aceh-Sabang atau sebaliknya.

Adapun dua kapal tersebut yakni KMP Aceh Hebat 2 dengan kapasitas penumpang 340 orang dan KMP BRR dengan kapasitas 250 orang.

Pada hari biasa, kata Agus, jadwal penyeberangan kapal ferry roro ke Banda Aceh- Sabang atau sebaliknya hanya tiga trip. Namun, mulai Jumat ini pihaknya menambah menjadi empat trip guna mengantisipasi lonjakan penumpang.

Empat trip tersebut meliputi untuk Banda Aceh - Sabang yakni pukul 07.30 WIB, pukul 10.30 WIB, pukul 14.30 WIB dan pukul 17.00 WIB. Sedangkan sebaliknya Sabang-Banda Aceh juga dengan jadwal yang sama.

Untuk hari ini, menurut dia, arus penumpang di Pelabuhan Ulee Lheu masih tergolong landai dan kondusif. Pihaknya memprediksikan lonjakan penumpang yang ingin berlibur ke Sabang mulai terjadi pada Sabtu (1/6) mendatang atau H+2 Lebaran Idul Adha.

“Hari ini tidak ada kepadatan, rata-rata penumpang 200 orang per trip. Cuaca saat ini masih kondusif, tetap memantau perkembangan,” ujar Agus.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan potensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat yang masih mengguyur wilayah Aceh dalam beberapa hari ke depan atau selama libur Lebaran Idul Adha dan libur sekolah.

“Prediksi tiga hari ke depan wilayah Aceh masih berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat disertai petir dan angin kencang,” kata Prakirawan BMKG Kelas I Sultan Iskandar Muda Aceh Besar Nasyithah Az-Zahra Lubis.

Selain itu, dia menambahkan, kondisi cuaca dalam tiga hari ini juga berpengaruh terhadap wilayah pesisir Aceh dan penyeberangan laut dengan tinggi gelombang dapat mencapai 4 meter di sejumlah wilayah Aceh.

Di antaranya seperti di wilayah perairan Utara Sabang, Samudera Hindia Barat Aceh, Perairan Barat Aceh, Selat Malaka bagian Utara dan sekitarnya.

“Untuk kondisi gelombang laut rute penyeberangan Banda Aceh - Sabang tergolong rendah hingga sedang berkisar antara 0,5-1.25 meter,” ujarnya.

Baca juga: Pemkot Sabang tingkatkan kualitas layanan wisata sambut musim libur

Baca juga: Pemerhati dukung Pemkot Sabang kembangkan wisata kota tua

Baca juga: Imigrasi gaet wisman ke Sabang melalui program Immigration on Shipping

 

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023