Tidak usah lama-lama menunggu, silahkan eksplor wisata Jatim semaksimal mungkin dan nikmati keindahan dan keseruannya
Kota Batu, Jawa Timur (ANTARA) - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengajak masyarakat yang ada di berbagai wilayah di Indonesia untuk berwisata ke Jawa Timur, karena memiliki banyak potensi dan keunggulan, yang menarik untuk dikunjungi.

Dalam kunjungannya ke Kota Batu, Jawa Timur, Jumat, Khofifah mengatakan bahwa wilayah Jawa Timur memiliki berbagai potensi wisata, yang menarik untuk dikunjungi para wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia.

"Ayo liburan di Jawa Timur, karena pilihan wisatanya begitu beragam dan lengkap. Tidak usah lama-lama menunggu, silahkan eksplor wisata Jatim semaksimal mungkin dan nikmati keindahan dan keseruannya," katanya.

Khofifah menjelaskan salah satu wilayah yang memiliki potensi wisata menjanjikan adalah Kota Batu dengan wisata alam, agrikultur, taman bermain, hingga wisata adventure atau petualangan.

Menurutnya, sektor pariwisata di wilayah Kota Batu bisa dioptimalkan karena adanya peran serta masyarakat dan komunitas setempat.

Ia berharap sinergi antara pemerintah daerah dengan masyarakat serta komunitas bisa diterapkan di sejumlah wilayah Jawa Timur.

"Pariwisata Kota Batu bisa optimal seperti saat ini juga tidak terlepas dari peran serta masyarakat atau komunitas," katanya.

Salah satu contoh peran serta masyarakat dan komunitas tersebut yakni wisata petualangan di Bukit Jengkoang, Kota Batu, hasil dari peran serta Komunitas Bumiaji Amazing Jip Adventure (BAJA) dan masyarakat setempat.

"Komunitas tidak hanya menyediakan armada, tapi juga membuka jalur off road. Sinergisitas seperti inilah yang saya harapkan bisa terjadi di kota-kota lain," katanya.

Dalam kesempatan itu, Khofifah berkunjung ke sejumlah destinasi wisata yang ada di Kota Batu seperti Bukit Jengkoang, Coban Talun, UD Gelora tempat pengepulan, dan pengolahan produksi apel dan jeruk serta wisata Petik Jeruk 55.

Khofifah yang ditemani cucunya, Aila dan putri pertamanya, Patimasang menyempatkan diri untuk memetik jeruk di perkebunan tersebut.

Wisata Petik Jeruk 55 di Kota Batu, merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di wilayah itu.

Baca juga: Khofifah: Green House Masjid Al Akbar Surabaya alternatif eduwisata
Baca juga: Gubernur Khofifah tekankan pentingnya sosok pemimpin negarawan
Baca juga: Gubernur Khofifah mendukung industri pengolahan tembaga di Jawa Timur


Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023