Sekaligus merupakan langkah awal untuk menjadikan tempat ini sebagai pusat MICE dan sport tourism di NTB.
Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Lombok mendukung sport tourism di eks Bandara Selaparang, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) sebagai lokasi Sirkuit MXGP Lombok 2023.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Lombok Rahmat Adil Indrawan, di Praya, Sabtu, mengatakan lahan eks Bandara Selaparang merupakan salah satu aset Angkasa Pura I yang memiliki nilai strategis.

"Selain merupakan implementasi salah satu program transformasi bisnis, kerja sama optimalisasi lahan ini merupakan perwujudan salah satu fungsi perusahaan sebagai agent of development yakni mendukung program pemerintah dalam berkontribusi mendorong pariwisata dan pertumbuhan ekonomi melalui optimalisasi aset," katanya pula.

Ia mengatakan, optimalisasi lahan eks Bandara Selaparang sebagai Sirkuit MXGP ini diharapkan dapat menjadi entry point bagi berbagai kegiatan lain di masa mendatang.

“Sehingga ke depan diharapkan keberadaan eks Bandara Selaparang yang ada di pusat Kota Mataram ini mampu memberikan dampak positif yang lebih luas kepada masyarakat Kota Mataram dan Provinsi NTB serta memiliki multiplier effect secara nasional,” katanya lagi.

Gubernur NTB Dr Zulkieflimansyah mengatakan, kerja sama antara Pemprov NTB dan Angkasa Pura I dalam memanfaatkan lahan eks Bandara Selaparang sebagai lokasi Sirkuit MXGP ini diharapkan dapat mendorong kegiatan pariwisata dan perekonomian di Lombok.

"Sekaligus merupakan langkah awal untuk menjadikan tempat ini sebagai pusat MICE dan sport tourism di NTB,” ujarnya.

Kerja sama kedua pihak ini dilakukan sebagai upaya kolaboratif dan sinergis untuk memaksimalkan keberadaan lahan eks Bandara Selaparang dalam ikut memajukan pertumbuhan ekonomi masyarakat NTB.

"Ini juga untuk mendukung pengembangan Provinsi NTB sebagai destinasi sport tourism kelas dunia, khususnya motor sport," katanya pula.

Indonesia kembali menjadi tuan rumah ajang balap motocros bergengsi dunia, FIM Motocross World Championship (MXGP). Tahun 2023 ini, Indonesia mendapat jatah dua seri yang keduanya digelar di Provinsi NTB, yakni seri ke-10 di Sumbawa yang telah sukses digelar 24-25 Juni dan seri ke-11 di Lombok yang akan dihelat 1-2 Juli 2023 .

Sirkuit MXGP Selaparang memiliki panjang 1.600 meter dan didesain dengan 12 rintangan, 16 tikungan, serta beberapa area jumping. Sirkuit ini terbentang di atas landas pacu eks Bandara Selaparang dengan view Gunung Rinjani.

Dengan pemandangan sirkuit yang indah dan lokasi yang mudah dijangkau karena berada di tengah Kota Mataram, pihak panitia menargetkan sebanyak 100 ribu penonton akan menyaksikan secara langsung ajang MXGP Lombok ini.
Baca juga: Pembangunan Sirkuit MXGP Lombok capai 90 persen
Baca juga: Pembangunan Sirkuit MXGP Lombok manfaatkan 25.000 ton limbah batu bara

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023