masyarakat yang ikut merayakan akan kita parkirkan di Monas, Jakarta Pusat
Jakarta (ANTARA) -
Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya memaksimalkan pengaturan arus lalu lintas (lalin)  untuk mengantisipasi kepadatan di sekitar Gelora Bung Karno (GBK) terkait peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Bhayangkara, Sabtu.
 
"Tentunya bakal padat saat pengantaran (drop off) di GBK,  karenanya masyarakat yang ikut merayakan akan kita parkirkan di Monas, Jakarta Pusat, " kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu.
 
Selain di Monas, Latif menjelaskan juga telah menyiapkan kantong parkir bagi masyarakat di parkiran Aldiron Blok M, Jakarta Selatan.
 
"Ada beberapa elemen masyarakat yang juga ikut merayakan HUT Bhayangkara dari elemen mahasiswa, buruh, suporter Persija, nanti armada bus akan kita parkirkan di Aldiron," ujarnya.
 
Kemudian bus yang datang dari arah timur GBK, akan diturunkan di Pintu 7. Sementara dari arah barat, akan diturunkan di Pintu 10.
 
"Nanti saat penjemputan (pick up) juga demikian, akan kita putar jangan sampai ada penumpukan. Mudah-mudahan kerja sama semuanya bisa berjalan dengan baik, rangkaian HUT Bhayangkara, kegiatan masyarakat, konser di GBK," jelasnya.
 
Latif juga menambahkan tidak ada pengalihan maupun penutupan lalu lintas selama pelaksanaan Hari Bhayangkara digelar. Rekayasa lalu lintas diterapkan secara situasional.
 
"Iya kalau pengalihan tidak ada. Tapi nanti akan lihat secara situasional khususnya di sekat-sekat. Nanti ketika drop out atau penjemputan  terjadi penumpukan. Saat di Jalan Pemuda itu penuh, ya akan kita tutup sementara. Untuk masyarakat yang tidak ke GBK, kita arahkan lurus lewat gedung DPR," ungkapnya.
 
Latif meminta maaf kepada masyarakat jika kegiatan ini mengganggu perjalanan masyarakat. Polisi akan melakukan pengaturan lalu lintas semaksimal mungkin untuk mengantisipasi kemacetan.
 
Mantan Dirlantas Polda Jatim tersebut juga menginformasikan pihaknya akan menerjunkan sejumlah personel Ditlantas Polda Metro Jaya untuk pengamanan kegiatan pada hari ini.
 
"Secara keseluruhan yang dilibatkan dari lalu lintas sendiri kita menerjunkan sekitar 1.000 personel untuk pengamanan kegiatan HUT Bhayangkara dan kegiatan masyarakat di GBK, " ucap Latif.
 
Sebagai informasi acara puncak HUT ke-77 Bhayangkara akan diselenggarakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, pada hari ini yang dimulai pukul 15.00 WIB.
Baca juga: HUT ke-76 Bhayangkara, Polres Jakarta Utara gelar lomba mancing
Baca juga: Polsek Palmerah bagikan 100 kg minyak goreng bagi warga slum
Baca juga: Korban kebakaran di Kapuk Muara doakan Polri lebih dekat masyarakat

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023