penutupan lajur utara dalam rangka pengerjaan railing dilaksanakan pada 1-7 Juli 2023
Jakarta (ANTARA) - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta menyiapkan rekayasa lalu lintas (lalin) secara bertahap mulai Juli hingga September 2023 menyusul adanya perbaikan Jembatan Marunda-Cilincing, Jakarta Utara.
 
"Sehubungan adanya pekerjaan pagar (railing) dan perbaikan Jembatan Marunda, Jakarta Utara, kami menyiapkan  rekayasa  lalu lintas secara bertahap," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo saat dikonfirmasi di Jakarta, Sabtu.
 
Rekayasa lalu lintas itu diantaranya dengan melakukan penutupan hingga penyempitan lajur.

Berdasarkan informasi yang disampaikan melalui akun Instagram resmi Dinas Perhubungan DKI Jakarta, @dishubdki, penutupan lajur utara dalam rangka pengerjaan railing dilaksanakan pada 1-7 Juli 2023.
 
Lantas, penutupan lajur selatan selama perbaikan jembatan pada 8 Juli-16 Agustus 2023. Selanjutnya, pada 20 Agustus-10 September 2023 akan ada penyempitan lajur pada lajur selatan.
 
"Diimbau kepada para pengguna jalan agar menghindari ruas jalan tersebut dan menyesuaikan peraturan lalu lintas yang ditetapkan, mematuhi rambu-rambu lalu lintas serta mengikuti petunjuk petugas di lapangan," ujar Syafrin.
Infografis rekayasa lalu lintas selama proyek perbaikan Jembatan Marunda di Jakarta Utara mulai 1 Juli-10 September 2023. ANTARA/ HO-Instagram @dishubdki

Adapun pengalihan arus lalu lintas dari arah Timur ke arah Barat dapat melalui Jalan Sungai Landak, kemudian Jalan Raya Cilincing, lanjut ke Jalan Cakung Cilincing Raya.
 
Sementara pengalihan arus lalu lintas menuju tol dari arah Timur ke arah Barat dapat melalui Jalan Sungai Landak, kemudian Jalan Raya Cilincing, lanjut ke Jalan Tol Akses Tanjung Priok.
 
Sedangakan, untuk kendaraan yang berasal dari sisi Timur jembatan yang akan menuju pelabuhan diarahkan melalui Tol Cibitung-Cilincing (Gerbang Tol Tarumajaya) untuk kemudian keluar ke akses Tol Pelabuhan atau Jalan Jampea.
 
Untuk pengalihan arus lalu lintas kendaraan kecil dari arah Timur ke arah Barat dapat melalui Jalan Sungai Landak kemudian Jalan Kebantenan I, lanjut ke Jalan Madya Kebantenan.
 
Sedangkan untuk kendaraan besar dan kendaraan berat dari arah Marunda atau Timur menuju arah Utara dialihkan melalui jalan akses KBN dan untuk kendaraan dari arah Marunda atau Timur menuju arah Selatan dan Timur dialihkan melalui Tol Cibitung-Cilincing.
Baca juga: Jakarta Utara turunkan alat berat singkirkan sampah di Marunda
Baca juga: Ditjen PKTN Kemendag segel 500 ton Minyakita di lahan KBN Marunda
Baca juga: OJK gelar edukasi keuangan bagi UMKM dan Ibu Rumah Tangga di Marunda

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023