Jakarta (ANTARA) - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy'ari menyampaikan Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja telah sadarkan diri usai jatuh pingsan di acara peringatan HUT Ke-77 Bhayangkara, di Stadion Utama GBK, Jakarta, Sabtu sore.

"Alhamdulillah, sadar dan sudah di IGD Rumah Sakit TNI Angkatan Laut (AL) Mintoharjo," ujar Hasyim kepada wartawan.

Hasyim yang memang juga berada di lokasi Bagja jatuh pingsan itu menyampaikan dia mendampingi pria berusia 53 tahun itu hingga menuju RS Mintoharjo. Dia pun meminta semua pihak untuk mendoakan Bagja agar segera pulih.

Dalam beberapa foto yang dikirimkan Hasyim, tampak Bagja terbaring tidak sadarkan diri di lantai. Dalam foto itu pun, terlihat sejumlah petugas, termasuk Hasyim, berupaya memberikan pertolongan pertama kepada Bagja.

Setelah mendapatkan pertolongan pertama, Bagja segera dibawa menggunakan tandu masuk ke dalam mobil ambulans.

Meskipun begitu, Hasyim tidak mengungkapkan penyebab Bagja hilang kesadaran.

Dalam peringatan HUT Ke-77 Bhayangkara di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi inspektur upacara. Sebanyak 1.777 personel Polri dikerahkan untuk mengamankan upacara tersebut.

Menurut Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Polri Kombes Pol. Nurul Azizah, peringatan HUT Ke-77 Bhayangkara mengangkat tema "Polri Presisi untuk Negeri Pemilu Damai Menuju Indonesia Emas".

Tema itu, kata dia, memiliki arti bahwa Indonesia mempunyai kekayaan dan keberagaman budaya, suku, dan agama yang menyatu dalam Bhinneka Tunggal Ika yang didukung oleh sinergitas TNI-Polri untuk menjaga serta mempertahankan persatuan dan kesatuan dalam menciptakan pemilu damai dan Indonesia Emas.

Baca juga: Ketua Bawaslu pingsan saat hadiri HUT ke-77 Bhayangkara di GBK 
Baca juga: Ketua Bawaslu ingatkan KPU hati-hati tetapkan DPT Pemilu 2024

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2023