Palembang, Sumatera Selatan (ANTARA) - Program seleksi pemain tim nasional sepak bola putri Indonesia untuk kompetisi Piala AFF U-19 tahun 2023 di Palembang, Sumatera Selatan, memasuki tahap akhir dan diwarnai pencoretan sejumlah calon pemain.

"Maka dari itu artinya ada pencoretan (tujuh orang) pemain pada seleksi ini," kata Pelatih Kepala Timnas U-19 Putri Indonesia Rudi Eka Priyambada saat ditemui di Palembang, sabtu.

Rudi mengatakan, seleksi pemain ditentukan setelah pertandingan persahabatan berhadapan dengan tim sepak bola putri PON Provinsi Lampung.

Pertandingan seleksi sekaligus pelatihan terpusat itu berlangsung di lapangan sofbol Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, Sabtu petang.

Sebanyak 30 orang pesepak bola putri pilihan dari berbagai daerah di Indonesia ambil bagian dalam pertandingan seleksi terakhir yang jadi penentuan itu.

Ia menyebutkan, dari jumlah tersebut tim ofisial dan pelatih hanya memilih 23 orang pemain timnas Indonesia untuk Piala AFF U-19 Putri 2023.

Kendati demikian, Eka mengaku tak mudah bagi manajemen untuk menyeleksi para pemain. Sebab sebagian besar mereka yang dipanggil pernah bergabung timnas senior putri Indonesia untuk Piala Asia tiga tahun lalu.

Bahkan berdasarkan hasil evaluasi, pihaknya menilai dari dua pertandingan seleksi sebelumnya di Palembang, ​​​​semua pemain sudah dibekali kemampuan yang mumpuni sebagai tim sepak bola.

"Tapi dari pertandingan terakhir ini yang ingin kita lihat adalah mental dan konsep bermain mereka. Tunggu saja hasilnya segera diumumkan," ujarnya.

Sebanyak 30 pesepak bola yang mengikuti seleksi dan pelatihan AFF U-19 ialah Fani, Shesilia Putri, Edeweiz Auradina, Gadhiza Asnanza, Adelia Rahmadany, Amelia Rode Heselo, Armelia Nur Sava Zada.

Selanjutnya, Armita Dwi Oktaviani, Aulia Al Mabruroh, Azra Ziva Kayla, Claudia Schenemann, Diva Ardhita Maharani, Ellen Tria Ferlika, Gea Yumanda, Helsya Maeisyaroh, Ina Paulanda Wetipo.

Kemudian ada juga Valencia Cessa Antoga, Jasmin Cahyono, Marsela Yuliana Awi, Mayzura Alifa Yusuf, Mediana Herawati, Natasha Suci Ramdhani, Penila M Arindong, Rana Wandik, Rizka Dwi januar, Sheva Imut Faryzcha, Siti Rosdiana Retno Sati, Zara Aulia Kusuma, Zalfa Putri Wiguna.

Sebagai tuan rumah timnas sepak bola U-19 Putri Indonesia akan berlaga di Grup A bersama tiga tim lainnya.

Pertandingan Piala AFF U-19 Putri akan digelar di Stadion Jakabaring Palembang, Sumatera Selatan, pada 5-15 Juli.

Dalam Grup A, timnas putri Indonesia bergabung dengan timnas Kamboja, Laos, dan Timor Leste.

Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Timor Leste pada laga pembuka yang dijadwalkan digelar 5 Juli.

Grup B dihuni oleh tim Vietnam, Malaysia, dan Singapura. Sedangkan Grup C dihuni Thailand, Myanmar, dan Filipina.

Karena Grup A dihuni empat tim, maka timnas Indonesia akan memainkan tiga pertandingan pada babak kualifikasi grup.

Masing-masing juara grup dan satu runner-up terbaik berhak melaju ke babak semifinal, untuk selanjutnya menentukan tim yang berhak melaju ke grand final.

Pewarta: Muhammad Riezko Bima Elko
Editor: Roy Rosa Bachtiar
Copyright © ANTARA 2023