Surabaya (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) mengirimkan bantuan kedaruratan bencana ke Kabupaten Pacitan yang terdampak gempa bumi dengan magnitudo 6,0 pada Jumat (30/6) malam.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menjelaskan gempa bumi yang berpusat di Yogyakarta itu juga melanda Kabupaten Pacitan, Trenggalek, Ponorogo, Tulungagung, dan Blitar.

"Kabupaten Pacitan merupakan daerah yang paling terasa imbasnya," kata Khofifah kepada wartawan di Surabaya, Sabtu.

Baca juga: BPBD: Puluhan rumah di Pacitan rusak terdampak gempa

Hingga saat ini, hasil pendataan cepat kerusakan di Kabupaten Pacitan yang masuk ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim antara lain rumah rusak ringan 23 unit, rusak sedang 18 unit, dan rusak berat 1 unit. Selain itu, enam fasilitas umum rusak ringan.

"Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa dari peristiwa ini," ujarnya.

Pemprov Jatim mengirimkan bantuan sebanyak 150 paket sembako dan 100 terpal ke Kabupaten Pacitan.

Gubernur Khofifah menyebutkan total dampak kerusakan di semua kabupaten termasuk Pacitan mencapai 32 rumah rusak ringan, 20 rumah rusak sedang, 5 rumah rusak berat, 9 unit fasilitas umum rusak ringan, 3 unit tempat usaha rusak ringan, 1 unit tempat usaha rusak berat, dan 1 unit gudang rusak.

Baca juga: BPBD Ponorogo: Tujuh rumah rusak terdampak gempa berpusat di Bantul

"Sebenarnya di tiap BPBD masing-masing kabupaten sudah ada terpal, tetapi pengiriman bantuan saat ini adalah bantuan awal untuk kedaruratan bencana agar masyarakat lebih bisa terfasilitasi," katanya.

Mantan Menteri Sosial itu memastikan agen bencana dan tim reaksi cepat BPBD di tiap kabupaten yang terdampak sedang bersama-sama melakukan asesmen untuk menilai tingkat krisis. BPBD Jatim juga sedang berkoordinasi dengan Pusat Krisis Kesehatan Regional dan Dinas Kesehatan di wilayah provinsi setempat.

"Nanti dari asesmen itu, kita akan tahu kerugian materiil dan immateriil yang diderita masing-masing kabupaten. Dari sana, baru kita akan tahu langkah progresif apa yang bisa kita lakukan untuk membantu warga," ucapnya.

Gubernur Khofifah mengimbau masyarakat khususnya di wilayah terdampak agar tetap waspada karena gempa susulan kapanpun bisa terjadi.

Baca juga: BPBD Trenggalek: Rumah dan mushala rusak terdampak gempa

"Namun, saya minta jangan panik. Pesan saya tetap hati-hati dan mari saling tolong-menolong dengan mereka yang terdampak bencana seperti gempa ini," ucapnya.

 

Pewarta: Abdul Hakim/Hanif Nasrullah
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023