Sungailiat (ANTARA) - Seorang peserta haji asal Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), atas nama Doni Alin Jamid meninggal dunia di Rumah Sakit King Faisal, Mekkah, pukul 19.10 waktu setempat.

Kabar duka itu disampaikan Ketua Kloter 10 Embarkasi Palembang yang juga perwakilan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bangka, Suparhun, melalui keterangan, di Sungailiat, Minggu.

Ia menjelaskan Doni Alin Jamid meninggal dunia pada Sabtu (1/7) malam di rumah sakit tersebut karena mengalami gangguan sesak nafas.

Menurut Suparhun, jenazah langsung diurus oleh pihak rumah sakit, baik pemandian jenazah, menshalatkan, hingga pemakaman di Mekkah.

Baca juga: PPIH: Calon haji Embarkasi Palembang yang meninggal dunia jadi 8 orang
Baca juga: PPHI: Jumlah jamaah wafat saat puncak haji bertambah, capai 50 orang


Doni Alin Jamid berangkat ke Tanah Suci untuk menjalankan ibadah haji bersama istrinya yang berangkat pada 6 Juni 2023. Sedangkan ratusan jamaah haji yang lain asal Kabupaten Bangka dinyatakan sehat semua dan diharapkan kembali ke Tanah Air sesuai jadwal.

Terdata jumlah jamaah haji asal Kabupaten Bangka tahun 2023 yang diberangkatkan ke Tanah Suci melalui Embarkasi Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), pada 6 Juni 2023 sebanyak 261 orang, terdiri dari 142 perempuan dan 119 laki-laki.

Jamaah haji asal Kabupaten Bangka dalam Kloter 10 dengan usia peserta haji tertua 89 tahun dan usia termuda 22 tahun.

Bagi umat Muslim yang mendaftar haji tahun ini harus menunggu 28 tahun untuk bisa diberangkatkan ke Tanah Suci.

Baca juga: PPIH: Pemberangkatan calon haji Embarkasi Palembang telah usai
 

Pewarta: Kasmono
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023