Jakarta (ANTARA) - Penggemar grup idola K-pop Bangtan Sonyeondan (BTS) atau ARMY menjadi basis penggemar paling setia, menurut sebuah survei yang dilakukan situs informasi perjalanan Amerika Serikat.

Seperti disiarkan Yonhap, Minggu, survei itu mengambil judul "How Far Would You Travel to See Your Favorite Artist" di situsnya untuk mengetahui seberapa jauh para pendukungnya bersedia melakukan perjalanan demi idola mereka dan mendapatkan jawaban dari 3.200 penggemar musik di Amerika.

Baca juga: Suga BTS ungkap daftar lagu album "D-Day"

Hasil survei memperlihatkan, pada indeks loyalitas 100 poin, BTS mencetak 88,4 poin dan hasil ini membuat mereka berada di posisi teratas survei. Penggemar BTS rela melakukan perjalanan rata-rata 2.040 mil atau setara 3.283 km. Mereka juga yang paling mungkin mengikuti grup favorit mereka dari kota ke kota, dengan persentase 62,5 persen.

Mendiang penyanyi Michael Jackson menempati posisi kedua dalam peringkat loyalitas 76,8 poin, diikuti Elton John dengan 66,4 poin dan Lady Gaga dengan 63,3 poin.

Para ARMY dikenal melakukan perjalanan demi artisnya dan konser grup tersebut sering menampilkan kerumunan penggemar internasional yang mewakili berbagai penjuru dunia. Perayaan 10 tahun BTS pada bulan lalu yakni BTS Festa misalnya, mengumpulkan sekitar 400 ribu penggemar dan 120 ribu di antaranya berasal dari luar Korea Selatan.

Sementara itu, BTS dengan enam single yang menduduki peringkat puncak di tangga lagu Amerika hiatus atau rehat sementara untuk kegiatan grup, seiring para personelnya mengejar proyek solo dan menjalani wajib militer.

Baca juga: Jungkook BTS segera debut solo pada bulan depan

Baca juga: RM rayakan hari jadi BTS ke-10 tahun dengan menulis surat menyentuh

Baca juga: Lagu "Take Two" BTS duduki puncak iTunes Top Songs di 92 negara

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2023