Jakarta (ANTARA News) - Anggota Komisi III DPR RI Taslim Chaniago menilai tiga calon hakim Mahkamah Konstitusi (MK) yang tengah menjalani uji kepatutan dan kelayakan tak layak menjadi calon hakim konstitusi.

"Ketiganya tak memenuhi standar sebagai calon hakim MK," kata Taslim di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin.

Bahkan, kata politisi Partai Amanat Nasional itu, salah satu calon hakim MK tak tahu sila-sila dari Pancasila yang merupakan dasar bagi bangsa ini.

"Ada calon hakim, Djafar Albram, tak tahu sila-sila dari Pancasila. Bagaimana menjabarkan Pancasila dalam kehidupan dan penegakan hukum nantinya," kata Taslim.

Disamping itu, imbuhnya, pemahaman Pancasila dari calon hakim KM itu juga kurang mendalam. "Kenegarawan mereka memahami Pancasila kurang. Hakim Konstitusi merupakan benteng terakhir bagi masyarakat mendapat keadilan. Kalau begini, apa yang bisa diharapkan masyarakat," kata Taslim.

Malam ini, mulai pukul 19.30 akan dilakukan pemilihan dan penetapan calon hakim konstitusi oleh Komisi III DPR RI. Tiga nama yang bersaing untuk menggantikan Mahfud MD adalah Arief Hidayat, Sugianto, dan Jafar Albram.

(Zul)

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013