Balikpapan (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan delapan daerah (kabupaten/kota) di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) mengalami hujan lebat disertai petir dan angin kencang pada Senin (3/7), sehingga semua pihak diimbau waspada terhadap dampaknya.

"Dampak hujan disertai petir dan angin kencang antara lain banjir, sungai meluap, pohon tumbang, jalan licin, dan tanah longsor," ujar Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Yudha Satrio Oktavandi di Balikpapan, Minggu.

Menurut dia, delapan daerah yang diprakirakan mengalami peristiwa tersebut adalah Kota Balikpapan, Kabupaten Kutai Barat, Kutai Timur, Mahakam Ulu, Penajam Paser Utara, Berau, dan Paser,sedangkan dua kota lainnya yakni Samarinda dan Bontang hanya hujan ringan.

Ia menyebutkan hujan disertai petir di Balikpapan berpotensi terjadi sekitar pukul 11.00 Wita di tiga kecamatan yakni Balikpapan Kota, Balikpapan Barat, dan Balikpapan Utara, sedangkan kecamatan lainnya hujan ringan pada pukul 08.00 dan 14.00 Wita.

Baca juga: Waspada hujan disertai petir dan angin kencang di sejumlah wilayah

Di Kabupaten Berau hujan disertai petir diprakirakan terjadi pukul 14.00 di tujuh kecamatan yakni Kelay, Tabalar, Batu Putih, Biatan, Biduk-Biduk, Segah, dan Talisayan. Pada pukul 20.00 Wita, hujan disertai petir diprakirakan hanya terjadi di Kecamatan Pulau Derawan, sedangkan sebagian besar kecamatan lainnya hujan ringan pada pukul 08.00, 11.00, dan 23.00 Wita.

Di Kabupaten Kutai Barat hujan disertai petir berpotensi terjadi pukul 20.00 Wita di 11 kecamatan yakni Sendawar, Melak, Muara Pahu, Barong Tongkok, Jempang, Mook Manaar Bulatn, Muara Lawa, Nyuatan, Penyinggahan, Sekolaq Darat, dan Tering.

Di Kabupaten Kutai Kartanegara hujan disertai petir diprakirakan terjadi pukul 11.00 Wita di Kecamatan Muara Jawa, Loa Janan, Anggana, dan Samboja, dan pada pukul 17.00 Wita di Kecamatan Kembang Janggut.

"Pada pukul 20.00 Wita, hujan disertai petir diprakirakan terjadi di delapan kecamatan yakni Muara Badak, Muara Muntai, Sebulu, Kenohan, Kota Bangun, Marangkayu, Muara Kaman, dan Kecamatan Muara Wis," kata Yudha.

Baca juga: Hujan disertai petir berpeluang landa kota besar di sembilan provinsi

Di Kabupaten Kutai Timur mulai pukul 08.00 hingga 23.00 Wita, hujan ringan terjadi merata di semua kecamatan, sedangkan hujan disertai petir terjadi pukul 14.00 Wita di sembilan kecamatan yakni Kaliorang, Karangan, Muara Wahau, Sandaran, Sangkulirang, Busang, Kaubun, Sangatta Utara, dan Sangatta Selatan.

Pukul 17.00 Wita hujan disertai petir di 11 kecamatan yakni Batu Ampar, Karangan, Muara Ancalong, Bengalon, Long Mesangat, Muara Bengkal, Rantau Pulung, Sangatta Utara, Sangatta Selatan, Telen dan Teluk Pandan, dan pada pukul 20.00 Wita hujan disertai petir di Kecamatan Muara Wahau dan Busang.

Di Kabupaten Mahakam Ulu hujan disertai petir berpotensi terjadi hanya di Kecamatan Laham, sedangkan kecamatan lainnya hujan ringan sampai pukul 20.00 Wita.

Di Kabupaten Paser hujan disertai petir diprakirakan terjadi pukul 11.00 Wita hanya di Kecamatan Batu Sopang, pukul 14.00 Wita di empat kecamatan yakni Tanah Grogot, Batu Engau, Kuaro, dan Pasir Belengkong.

Baca juga: BMKG: Waspada potensi hujan lebat disertai petir di sejumlah wilayah

"Di Kabupaten Penajam Paser hujan disertai petir berpotensi terjadi pukul 11.00 Wita di dua kecamatan yakni Sepaku dan Penajam, sedangkan kecamatan lainnya hujan ringan pada pukul 08.00, 11.00, dan 14.00 Wita," kata Yudha.

Pewarta: M.Ghofar
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023