Setelah menerima informasi dari tim kita, BPBD menurunkan tim reaksi cepat langsung menuju ke lokasi kebakaran
Kandangan (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan bersinergi dengan Tim Kesiapsiagaan dan Tanggap Darurat (TKTD) PT Subur Agro Makmur (SAM) melakukan pemadaman api di lahan masyarakat setempat.

"Ada sekitar delapan orang yang kita kerahkan dari TKTD PT SAM yang kemudian bersama-sama personel dan relawan dari BPBD sekitar 13 orang melakukan pemadam api yang membakar lahan di Desa Pakan Dalam, Kecamatan Daha Utara," kata Asisten Fire Protection PT SAM, Rezza Syahrial di Kandangan, Senin.

Dijelaskan Rezza, kebakaran lahan tersebut terjadi pada Selasa (27/6), kobaran api yang sempat membakar lahan dapat segera dipadamkan, atas kesigapan dalam penanganan sehingga tidak meluas ke lahan lainnya.

Kebakaran lahan diketahui dari adanya pantauan asap di lahan masyarakat yang lokasi bertepatan di timur perkebunan kelapa sawit PT SAM, dan pihaknya dari TKPD PT SAM langsung melakukan pemadaman.

Kemudian pihaknya perusahaan menginformasikan kejadian tersebut ke BPBD HSS, hal ini dilakukan karena setiap ada kejadian kebakaran di dekat area perkebunan kelapa sawit tersebut.

"Setelah menerima informasi dari tim kita, BPBD menurunkan tim reaksi cepat langsung menuju ke lokasi kebakaran," ujar Rezza.

Tim gabungan melakukan pemadaman secara cepat karena dikhawatirkan bisa semakin meluas, diakibatkan angin kencang bertiup sehingga api jadi membesar.

Ditambahkan Rezza, pemadaman bersama yang dilakukan membutuhkan waktu selama lebih dari tiga jam, sampai tidak ada lagi terpantau asap di sekitar lokasi kejadian.

Pemadaman api di lahan masyarakat ini selain dari TKTD PT SAM, tim reaksi cepat juga langsung dikoordinir Kepala BPBD HSS Kusairi bersama Kasi Kedaruratan dan Logistik Riza Nopriyandi yang datang untuk terlibat dalam usaha pemadaman.

 

Pewarta: Imam Hanafi/faturahkam
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023