Orang kaya, miskin, hakim sampai artis bisa terkena narkoba
Pekanbaru (ANTARA News) - Deputi Pemberdayaan Masyarakat Badan Narkotika Nasional (BNN) V, Sambudiyono, memperkirakan pengguna narkoba di Indonesia bakal mencapai 5,1 juta orang pada 2015, apabila tidak ada kesungguhan dari semua pihak untuk mencegahnya.

"Narkoba lebih jahat dari terorisme, karena korban ini berkelanjutan dan jarang diketahui," kata Sambudiyono pada Raker Pemberdayaan Alternatif untuk Memerangi Narkoba, di Pekanbaru, Selasa.

Ia mengatakan, hasil penelitian BNN dengan Pusat Penelitian Kesehatan Universitas Indonesia periode 2011 menunjukkan angka prevalensi penyalahgunaan narkoba sebesar 2,2 persen atau setara dengan 3,8-4,2 juta orang.

Angka tersebut di bawah proyeksi angka prevalensi internasional, sebesar 2,32 persen, namun naik dibandingkan angka prevalensi di Indonesia tahun 2008 yang mencapai 0,21 persen.

Dalam penelitian itu bisa diketahui bahwa tingkat prevalensi pada 2015 akan mencapai 2,8 persen atau setara dengan 5,1 juta orang, apabila tidak dilakukan upaya kuat dari semua pihak untuk memerangi narkoba di Tanah Air.

"Kalau kita bersatu, saya yakin tidak akan mencapai 2,8 persen itu," katanya.

Ia mengatakan, peredaran narkoba kini makin canggih dan melibatkan banyak uang yang juga melibatkan jaringan lintas negara. Jaringan narkoba tersebut bahkan terus secara intensif melakukan propaganda untuk memuluskan kejahatan mereka di tengah masyarakat.

Sedangkan, ia menilai kepedulian masyarakat terhadap narkoba relatif rendah sehingga peran pemerintah bersama penegak hukum tidak sebanding dengan laju penyebaran narkoba yang melibatkan jaringan internasional.

"Orang kaya, miskin, hakim, sampai artis bisa terkena narkoba," katanya.

(F012)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013