Beijing (ANTARA) - Otoritas meteorologi China pada Senin (3/7) memperbarui peringatan biru untuk hujan badai di beberapa wilayah negara tersebut.

Pusat Meteorologi Nasional China menyebutkan bahwa sejak Senin (3/7) pukul 14.00 hingga Selasa (4/7) pukul 14.00 waktu setempat, hujan lebat atau hujan badai diperkirakan akan melanda beberapa wilayah di Sichuan, Yunnan, Chongqing, Guizhou, Hubei, Henan, Shandong, Anhui, Jiangsu, dan daerah lainnya.

Hujan deras hingga 160 mm berpotensi melanda beberapa bagian daerah tersebut.

Otoritas menjelaskan bahwa beberapa daerah tersebut diperkirakan akan mengalami hujan lebat yang ditandai dengan presipitasi 20 hingga 60 mm per jam. Selain itu juga terjadi kondisi cuaca konvektif yang parah seperti hujan badai dan angin kencang.

Pusat Meteorologi Nasional China menyarankan pemerintah dan penduduk setempat untuk mengambil langkah pencegahan yang tepat.

Sekolah dan taman kanak-kanak diminta untuk memastikan keselamatan para siswa dan anak-anak, sementara pengguna kendaraan disarankan berhati-hati terhadap genangan air di jalanan dan kemacetan lalu lintas.

China memiliki sistem peringatan cuaca empat tingkat, dengan warna merah mewakili peringatan paling parah, diikuti oleh oranye, kuning, dan biru.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2023