Magelang (ANTARA) - Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Provinsi Jawa Tengah M. Yusuf Chudlori (Gus Yusuf) mengakui beberapa partai mulai berkomunikasi terkait Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng 2024.

"Beberapa partai mulai berkomunikasi dengan PKB, tentu ini baru penjajakan karena partai apa pun hari ini masih konsentrasi pada pemilihan legislatif dan pemilihan presiden dan wakil presiden," katanya di Magelang, Senin.

Berdasarkan hasil Rakerwil DPW PKB Jawa Tengah beberapa waktu lalu, Gus Yusuf akan diusung PKB sebagai Calon Gubernur Jawa Tengah pada pemilu mendatang.

Ia menyampaikan teman-teman PKB di Jateng mulai menyosialisasikan Pilgub 2024 dengan tagline "Budal Gus" sudah berjalan sekitar tiga bulan.

"Alhamdulillah respon dari berbagai komunitas positif, juga tentu dari kalangan internal kami di kalangan pesantren, kalangan keluarga besar NU ini sangat menyambut baik munculnya figur dari pesantren untuk maju pada kontestasi 2024," katanya.

Pengasuh Pondok Pesantren Asrama Perguruan Islam (API) Tegalrejo Kabupaten Magelang ini menuturkan pada Pilgub 2018 PKB mengusung pasangan Sudirman Said dan Ida Fauziyah dengan meraih suara 41 persen.

"Perolehan suara itu luar biasa, karena Pak Dirman dan Ibu Ida notabene tidak dikenal masyarakat Jawa Tengah. Kedua figur tersebut relatif belum dikenal di Jawa Tengah tetapi hasilnya bisa luar biasa 41 persen," katanya.

Berdasarkan perolehan suara Pilgub Jateng 2018, katanya teman-teman berpikir kalau figur yang diusung pada Pilgub 2024 sudah dikenal dan dekat dengan masyarakat Jawa Tengah mungkin hasilnya bisa lebih maksimal. 

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023