London (ANTARA/PRNewswire)- Riset baru dari Omdia mengungkapkan bahwa pasar semikonduktor mengalami penurunan pendapatan selama lima kuartal berturut-turut pada kuartal pertama 2023. Ini adalah periode penurunan terlama yang tercatat sejak Omdia mulai menapak pasar di 2002. Pendapatan di 1Q23 menetap di $120,5 miliar, turun 9% dari 4Q22. Pasar semikonduktor bersifat siklis, dan penurunan yang berkepanjangan ini mengikuti kebangkitan karena pasar tumbuh mencatat pendapatan di setiap kuartal antara 4Q20 hingga 4Q21 mengikuti peningkatan permintaan dari pandemi global.
Pasar memori dan MPU adalah area utama pasar semikonduktor yang berkontribusi terhadap penurunan. Pasar MPU di 1Q23 adalah $13,1 miliar, hanya 65% dari 1Q22 yang mencapai $20 miliar. Pasar memori bernasib lebih buruk, dengan memulai 1Q23 pada $19,3 miliar, hanya 44% dari pencapaian 1Q22 sebesar $43,6 miliar. Gabungan MPU dan pasar memori menurun 19% di 1Q23, menyeret pasar ke penurunan 9% quarter-over-quarter (QoQ).

Mengomentari analis Omdia terbaru, Cliff Leimbach, Analis Senior mengatakan: "Pasar semikonduktor diganggu oleh kurangnya permintaan yang berlanjut selama beberapa kuartal dan mengakibatkan penurunan ASP untuk banyak komponen. Namun, terdapat permintaan berkat AI generatif. NVIDIA telah melihat pertumbuhan pendapatan yang kuat karena mereka adalah pemimpin di sektor ini, membalikkan kinerja sebagian besar perusahaan semikonduktor pada tahun 2023, namun perusahaan semikonduktor lainnya belum memanfaatkan sektor ini dengan cara yang sama."

Penurunan pasar memori selama tiga kuartal terakhir telah menata ulang peringkat pangsa pasar. Satu tahun yang lalu, tiga dari lima perusahaan semikonduktor teratas berdasarkan pendapatan adalah perusahaan memori, Samsung, SK Hynix, dan Micron. Hanya Samsung yang tersisa di peringkat sepuluh besar. Terakhir kali SK Hynix dan Micron tidak masuk dalam peringkat sepuluh besar adalah di tahun 2008 yang menggambarkan perjuangan yang dihadapi oleh perusahaan semikonduktor yang berfokus pada memori.

NVIDIA merilis laporan keuangan mereka setelah publikasi laporan CLT, dan melampaui perkiraan kekuatan chip AI generatif perusahaan karena permintaan yang tinggi.

Infineon pindah ke sepuluh besar tahun ini menyusul peningkatan 11% QoQ karena kekuatannya di sektor otomotif.

TENTANG OMDIA

Omdia, bagian dari Informa Tech, adalah grup penelitian dan penasihat teknologi. Pengetahuan kami yang mendalam tentang pasar teknologi dikombinasikan dengan wawasan kami yang dapat ditindaklanjuti memberdayakan organisasi untuk membuat keputusanpertumbuhan yang cerdas.


Sepuluh Perusahaan Teratas Pelacak CLT Juni 2023


Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023