Jakarta (ANTARA) - Wimbledon akan merayakan pencapaian Roger Federer di All England Club dengan upacara khusus di Centre Court, Selasa.

Juara delapan kali asal Swiss yang mengumumkan pengunduran dirinya September 2022 itu akan hadir di tempat dia memenangi beberapa gelar major miliknya dan akan mendapat penghormatan sebelum pertandingan dimulai.

"Saya senang untuk mengatakan bahwa Roger akan bersama kami besok dan kami akan mengadakan momen perayaan khusus di Centre Court sebelum pertandingan dimulai hanya untuk menghormatinya sebagai petenis yang memegang gelar tunggal putra paling banyak di sini, di Wimbledon," kata CEO All England Club Sally Bolton, seperti disiarkan AFP, Senin.

"Kami akan menyediakan waktu untuk merayakan pencapaiannya dan mengucapkan terima kasih atas semua kenangan."

Federer (41) menjauh dari dunia tenis sejak tersingkir di Laver Cup di London. Dia mendapat penghargaan yang sama pada turnamen lapangan rumput di Halle, Jerman, bulan lalu.

Baca juga: Djokovic masih "haus" akan gelar Grand Slam di Wimbledon

Bolton mengungkapkan bahwa Serena Williams (41) yang tersingkir beberapa pekan sebelumnya di US Open juga diundang ke Wimbledon tetapi tidak dapat memenuhi undangan tersebut.

"Kami juga mengundang Serena tahun ini, tetapi seperti yang Anda ketahui, dia hamil sehingga dapat dimengerti tidak bisa bepergian," ujar Bolton.

"Kami tentu saja mendoakan agar kehamilannya lancar dan berharap mungkin kami bisa bertemu dengannya tahun depan."

Novak Djokovic menjadi favorit untuk menyamai rekor delapan gelar tunggal putra Federer di Wimbledon tahun ini dan mengamankan gelar Grand Slam ke-24nya.

Baca juga: Alcaraz siap tantang Djokovic di Wimbledon
Baca juga: Federer puji Djokovic tetapi enggan komentar soal predikat GOAT

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023