Qingdao, China (ANTARA) - China pada Senin menyatakan keinginannya untuk meningkatkan komunikasi dengan Jepang dan Korea Selatan guna membangun momentum menuju pertemuan tingkat tinggi trilateral dan pertemuan-pertemuan tingkat tinggi lainnya.

Saat memberikan sambutan pada pembukaan forum kerja sama trilateral di Qingdao, diplomat senior China Wang Yi mengatakan bahwa ketiga negara tersebut harus "menciptakan suasana untuk memulai kembali pertemuan-pertemuan para pemimpin".

Dia juga menyebut Beijing, Tokyo, dan Seoul harus "melangkah bersama" untuk "memberikan kontribusi yang lebih besar bagi kebangkitan Asia."

Di tengah persaingan China dan Amerika Serikat yang meningkat, Wang mengatakan bahwa China, Jepang, dan Korea Selatan harus mencegah masuknya konflik-konflik geopolitik dan konfrontasi blok ke kawasan.

Jepang dan Korea Selatan kini telah meningkatkan hubungannya dengan Amerika Serikat.

Baca juga: Jepang, AS tegaskan kembali kerja sama bilateral hadapi Korea Utara

Ketiga negara Asia itu berencana mengadakan KTT tiga arah pada akhir tahun ini. Pertemuan tersebut bakal menjadi pertemuan trilateral mereka sejak Desember 2019.

Pertemuan trilateral para pemimpin tiga negara tersebut belum digelar lagi dalam beberapa tahun terakhir di tengah pandemi COVID-19 serta ketegangan hubungan Jepang dan Korea Selatan atas perselisihan soal perburuhan pada masa perang.

Wang juga turut memberikan komentar tentang rencana Jepang untuk melepaskan ke laut air radioaktif dalam jumlah besar dari pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Fukushima yang hancur.

Wang mengatakan rencana tersebut "harus ditangani dengan hati-hati dan koordinasi mendalam dengan negara-negara tetangga," karena menyangkut lingkungan ekologi laut dan keselamatan kehidupan banyak orang.

Menteri Luar Negeri Jepang Yoshimasa Hayashi mengatakan dalam sebuah pesan video kepada forum yang digelar di Qingdao itu bahwa dia berharap pertemuan tersebut akan mengarah pada kerja sama trilateral yang lebih dalam.

Menteri Luar Negeri Korea Selatan Park Jin mengatakan secara daring bahwa Seoul siap bekerja sama untuk menghidupkan kembali pembicaraan antar pemerintah ketiga negara.

Sumber: Kyodo-OANA

Baca juga: Korsel, Jepang akan bahas keamanan ekonomi dan nasional

Baca juga: Warga Jepang tolak rencana pembuangan limbah nuklir Fukushima ke laut

Penerjemah: Shofi Ayudiana
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
Copyright © ANTARA 2023