Jakarta (ANTARA) - Dokter gizi dr. Elfina Rachmi, M.Gizi, SpGK menilai cokelat hitam memiliki khasiat untuk membantu menurunkan berat badan dan mencegah penuaan dini jika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar.

Cokelat selama ini dianggap sebagai makanan yang bisa memicu berat badan naik, kata Elfina yang berpraktik di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan itu.

"Padahal jika dikonsumsi dalam porsi secukupnya, yaitu 30 sampai 50 gram per hari, cokelat hitam bisa membantu menurunkan berat badan," kata Elfina dalam siaran pers bersama Tokopedia, Senin.

Elfina menjelaskan bahwa cokelat mampu meningkatkan sensitivitas hormos leptin, yang memicu rasa kenyang, dan mengurangi hormon gherlin, yang bisa mengurangi rasa lapar.

Baca juga: Sembuhkan batuk dengan cokelat

Selain menurunkan berat badan, cokelat bisa membantu mencegah penuaan dini karena memiliki kandungan flavonoid dan antioksidan alami untuk melawan radikal bebas di dalam tubuh.

"Hal ini dapat membantu memperlancar sirkulasi darah ke otak hingga mencegah demensia dan penuaan dini,” kata Elfina.

Kandungan cokelat belakangan ini juga sering ditemukan pada masker wajah. Masker berbasis bubuk cokelat dapat dimanfaatkan sebagai pencerah kulit yang menggelap akibat paparan sinar matahari.

Kandungan ceoklat juga dinilai bisa membantu merangsang sel-sel kulit untuk regenerasi dan menurunkan produksi pigmen.

Cokelat terkenal berkhasiat untuk memperbaiki mood atau suasana batin berkat beberapa kandungan yang memiliki efek antidepresan, seperti endorfin dan serotonin.

"Sehingga (cokelat) dapat meningkatkan dan menjaga keseimbangan mood," kata Elfina.

Tidak hanya soal mood, Elfina juga menjelaskan bahwa cokelat, terutama dark chocolate (cokelat hitam) mengandung senyawa kimia yang bisa membantu sistem kardivaskuler menjadi lebih lancar.

Cokelat hitam juga mengandung banyak mineral seperti zat besi, magnesium dan zinc sehingga bisa mengurangi risiko penyakit jantung korones, serangan jantung dan menurunkan darah tinggi.

Menjelang Hari Cokelat Sedunia yang diperingati setiap 7 Juli, Category Development Senior Lead Tokopedia Sherine Pranata mengatakan transaksi untuk produk cokelat rata-rata naik di atas tiga kali lipat di Tapanuli Tengah (Sumatera Utara), Bangli (Bali), Sabu Rajiua (Nusa Tenggara Timur) dan Raja Ampat (Papua Barat).

Selain itu, berkat promosi Tokopedia NYAM!, pembeli cokelat di Tapanuli Tengah (Sumatera Utara), Mesuji (Lampung), Bangli (Bali) dan Kepulauan Talaud (Sulawesi Utara) naik lebih dari dua kali lipat pada kuartal II 2023.

Baca juga: Cokelat hitam dapat bantu atasi masalah rambut rontok

Baca juga: Buah hingga cokelat, makanan sehat selama isolasi diri COVID-19

Baca juga: Tujuh makanan yang dikira tidak sehat justru menyehatkan

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023