Pembangunan pabrik semen ini masih dalam tahap sosialisasi kepada masyarakat, namun dengan dibangunnya pabrik semen ini akan mendapatkan banyak manfaat seperti bisa membuka lapangan pekerjaan baru dan meningkatkan kesejahteraan warga sekitar,"
Sukabumi (ANTARA News) - Perusahaan semen terbesar di Thailand, Siam Cement Group menanamkan investasi dengan membangun pabrik semen di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, bekerja sama dengan PT Semen Jawa.

"Pembangunan pabrik semen ini masih dalam tahap sosialisasi kepada masyarakat, namun dengan dibangunnya pabrik semen ini akan mendapatkan banyak manfaat seperti bisa membuka lapangan pekerjaan baru dan meningkatkan kesejahteraan warga sekitar," kata Bupati Sukabumi Sukmawijaya kepada wartawan, Selasa.

Menurut Sukmawijaya, pembangunan pabrik semen ini berawal dari potensi bahan tambang semen ada di Kabupaten Sukabumi sangat melimpah dan pada 2006 ada perusahaan semen lokal Sukabumi yang melirik potensi tersebut. Seiring waktu perusahaan lokal itu kemudian mencari investor hingga akhirnya mendapatkan kerjasama dengan SCG yang merupakan salah satu perusahaan semen terbesar di Thailand.

Dalam waktu dekat ini pembangunan segera dilakukan dan bisa segera berproduksi, dengan keberadaan pabrik semen di Kabupaten Sukabumi akan sangat membantu dalam hal pembangunan dan yang terpenting bisa mendapatkan pemasukan untuk sektor pendapatan asli daerah (PAD).

"Pembangunan pabrik ini juga tidak akan berdampak negatif kepada masyarakat yang tinggal di lingkungan pabrik, karena dari informasinya perusahaan ini telah menyiapkan sistem khusus untuk menangani limbah untuk menghindari kerusakan lingkungan," tambahnya.

Rencananya pabrik semen ini akan berada di Kecamatan Gunungguruh dan untuk bahan bakunya akan diambil dari Kecamatan Nyalindung dan Jampangtengah. Dipilihnya Gunungguruh untuk pembangunan pabrik ini karena lokasinya yang strategis baik untuk mengambil bahan baku maupun dalam hal distribusi semennya.

Sementara, Presiden Direktur SCG, Nantapong Chantrakul mengatakan target produksi semen setiap tahun mencapai sekitar 3,4 juta ton Jumlah atau sesuai dengan perhitungan yang telah dilakukan perusahaan tersebut. Dan produksi semen akan mulai dilaksanakan pada kuartal kedua 2015.

Pihaknya juga menjamin, keberadaan pabrik semen ini tidak akan mengganggu masyarakat seperti dari polusi maupun limbahnya. Bahkan, pihaknya juga akan bermitra dengan masyarakat untuk memajukan perusahaan ini dengan menarik tenaga kerja asli dari Kabupaten Sukabumi.

"Keberadaan pabrik ini juga akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, karena kami mempunyai progam setiap membangun perusahaan yakni memberikan sinergitas yang saling menguntungkan antara perusahaan dengan masyarakat," kata Nantapong.
(KR-ADR/N002)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013