Jakarta (ANTARA) -
PSM Makassar mencuri satu poin berkat hasil imbang 1-1 di markas Persija Jakarta pada pertandingan Liga 1 yang dimainkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin malam WIB.
 
Dengan hasil ini, PSM berada di posisi kesembilan klasemen sementara Liga 1, sedangkan Persija di posisi ke-11. Kedua tim sama-sama mengoleksi satu poin dari satu pertandingan pembukaan yang dimainkan.
 
Kedua tim membuka permainan dengan sedikit berhati-hati namun tetap agresif. PSM lebih dahulu mengambil inisiatif serangan melalui sepakan Everton yang membentur Hansamu Yama untuk menghasilkan tendangan sudut pertama pada laga ini.
 
Beberapa saat kemudian, PSM kembali mengancam melalui tusukan Yakob Sayuri yang masih dapat dihalau kaki kiper Andritany.
 
Tim tamu akhirnya memecah kebuntuan pada menit ke-12. Diawali tendangan bebas di sisi kanan pertahanan Persija, bola kemudian disundul Kenzo Nambu tanpa dapat dihentikan Andritany untuk melesak masuk gawang Persija.
 
Setelah kebobolan, Persija mencoba segera bangkit. Namun mereka selalu kesulitan membongkar pertahanan PSM yang tampil rapat. Para pemain asing PSM juga kerap memenangi duel udara dengan memanfaatkan keunggulan fisik mereka.
 
Persija kembali mencoba meneror gawang PSM. Kali ini tendangan bebas Ryo Matsumura dapat ditinju kiper Reza Arya Pratama.
 
Ryo kembali merepotkan barisan pertahanan PSM setelah berhasil mencuri bola dari penguasaan pemain lawan. Namun umpannya gagal diselesaikan Witan Sulaeman.

Baca juga: Bhayangkara FC kandas di kandang PSIS Semarang
 
Menjelang turun minum, Persija mendapat peluang bagus melalui tendangan bebas. Firza Andika yang menjadi eksekutor melepaskan sepakan keras, namun bola masih dapat ditepis kiper.

Peluang bagus Persija berikutnya untuk menyamakan kedudukan kembali menjadi milik Firza, yang kali ini sepakannya masih menyamping dari gawang PSM.

Babak pertama pun ditutup dengan keunggulan 1-0 bagi tim tamu.

PSM mencoba mencuri peluang pada awal babak kedua. Wiljan Pluim menerima umpan silang mendatar yang dapat disambarnya, namun bola mengenai kaki pemain Persija dan bola dapat ditangkap Andritany.
 
Persija balas menekan. Rio Fahmi mendapat ruang di sisi kanan untuk diteruskan dengan umpan silang, sayangnya tidak ada pemain Persija yang dapat menyambut bola kiriman Rio.
 
Persija kemudian melakukan beberapa pergantian pemain. Salah satu pemain yang baru dimasukkan, Syahrian Abimanyu, mendapat peluang bagus saat sepakannya mengarah lurus ke kiper PSM.
 
Gol penyama kedudukan yang dinantikan kubu Persija akhirnya tercipta pada menit ke-81. Pemain Jepang Ryo menjadi pahlawan tuan rumah saat ia melepaskan sepakan akurat dari luar kotak penalti masuk ke sudut atas gawang PSM.
 
Setelah gol penyama kedudukan dari Persija, permainan sempat diwarnai tensi yang sedikit meninggi saat kedua tim memainkan permainan yang lebih keras. Namun tidak ada konflik berlebihan hingga pertandingan berakhir dengan skor imbang 1-1.
 
 
Daftar susunan pemain:
 
Persija Jakarta: Andritany Ardiansyah, Rio Fahmi, Hansamu Yama, Muhammad Ferrari, Rizky Ridho, Firza Andika, Hanif Syahbandi, Resky Fandi, Witan Sulaeman, Ryo Matsumura, Riko Simanjuntak
 
PSM Makassar: Reza Arya Pratama, Yuran Fernandes, Erwin Gutawa, Safrudin Tahar, Ananda Raehan, Akbar Tanjung, Willem Jan Pluim, Kenzo Nambu, Yance Sayuri, Yakob Sayuri, Everton Nascimento

Baca juga: Pemain muda Bali United bidik gabung Timnas Indonesia
Baca juga: Rans Nusantara FC bangkit dan taklukkan Persikabo 1973 2-1

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023