memang ada kendala karena di sana sedang ada pembangunan Tol Harbour Road II
Jakarta (ANTARA) - Dinas Perhubungan DKI Jakarta menyebut progres pembangunan stasiun kereta rel listrik (KRL)  di kawasan Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara sudah mencapai 30 persen.
 
"Saat ini sedang kami siapkan stasiun KRL sementara di JIS. Pembangunannya sudah 30 persen," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa.
 
Pembangunan stasiun di dekat JIS ini, harap Syafrin, dapat memperkuat layanan transportasi warga yang ingin menuju JIS.
 
Selain itu, Syafrin mengatakan  pembangunan Stasiun KRL di kawasan JIS ini terkendala karena harus menunggu pemasangan tutup beton tiang penyangga (pile cap) pembangunan Tol Harbour Road II  agar pembangunan jembatan penyeberangan orang (JPO) ke lokasi stadion bisa segera dilaksanakan.

"Kami sedang menyiapkan untuk percepatan, tetapi memang ada kendala karena di sana sedang ada pembangunan Tol Harbour Road II. Di mana salah satu pile cap dari tol ini, termasuk yang harus diselesaikan, kemudian barulah kami bisa membangun jembatan penyeberangan orang ke area pejalan kaki di kawasan JIS, khususnya di sisi timur," ucap Syafrin.
 
Setelah pembangunan tol selesai, kata Syafrin, pihaknya baru dapat membangun JPO yang menghubungkan ke area pejalan kaki di sisi timur JIS. Sedangkan peron stasiun KRL tersebut saat ini masih dalam proses penyelesaian.
 
Berdasarkan perhitungan Dishub DKI, penyelesaian proyek stasiun KRL di kawasan JIS ini diperkirakan akan selesai pada April 2024.
 
Sebelumnya, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan bahwa pembangunan stasiun di dekat JIS masih dalam proses pengerjaan.
 
"Sedang proses, sedang berjalan. Yang harus dipikirkan pekerjaan bersinggungan dengan pembangunan jalan tol," kata Heru di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Senin.
 
Terkait hal itu, Heru akan meninjau JIS pada Selasa (4/7) bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dan Ketua Umum PSSI yang juga Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.
Baca juga: DKI masih memproses rencana pembangunan stasiun kereta api dekat JIS
Baca juga: Heru diminta jadi dirigen perbaikan JIS jelang Piala Dunia U-17
Baca juga: Erick Thohir: FIFA akan cek kelayakan JIS untuk Piala Dunia U-17

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023