Jakarta (ANTARA) - Jumlah pemudik gratis program Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengalami kenaikan dibanding tahun sebelumnya dan Wonogiri (Jawa Tengah) menjadi kota tujuan favorit dengan pemudik terbanyak pada program tersebut tahun ini.
 
"Ya ada peningkatan jumlah pemudik gratis tahun ini. Tahun lalu itu angkanya sekitar 10 ribu, hampir 11 ribu. Tahun ini meningkat jadi 12.170 orang," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo.

Menurut Syafrin saat melepas keberangkatan 279 bus program Mudik Gratis 2024 di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Kamis, jumlah pemudik 
paling banyak tujuan ke Wonogiri.
 
Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah menyiapkan 55 bus dari total 279 bus untuk diberangkatkan menuju Wonogiri. Selain Wonogiri, Solo menjadi kota tujuan dengan peminat kedua terbanyak sehingga dikerahkan 50 bus.

Pemudik yang diberangkatkan hari ini sebanyak 12.170 orang. Sedangkan untuk arus balik disediakan 206 bus dari 19 kota/kabupaten yang nantinya mengangkut 9.186 penumpang.

Baca juga: Pemprov DKI memberangkatkan 279 bus program Mudik Gratis 2024
Baca juga: Kuota 10.360 penumpang mudik gratis Pemprov DKI sudah terpenuhi
 
Program mudik gratis yang diinisiasi Pemprov DKI Jakarta sejak 2019 ini sebagai salah satu upaya menekan angka kecelakaan saat mudik, khususnya bagi yang sering menggunakan sepeda motor.
 
Adapun daftar 19 kota/kabupaten tujuan bus mudik gratis antara lain:
1. Terminal Rajabasa, Kota Bandar Lampung
2. Terminal Alang-Alang Lebar, Kota Palembang
3. Terminal Indihiang, Kota Tasikmalaya
4. Terminal Kertawangunan,  Kabupaten Kuningan
5. Terminal Kota Tegal
6. Terminal Pekalongan
7. Terminal Mangkang, Kota Semarang
8. Terminal Kabupaten Kebumen
9. Terminal Cilacap
10. Terminal Bulupitu Purwokerto
11. Terminal Tirtonadi Solo
12. Terminal Mendolo Wonosobo
13. Terminal Giwangan Jogjakarta
14. Terminal Pilangsari Sragen
15. Terminal Giri Adipura Wonogiri
16. Terminal Purboyo Madiun
17. Terminal Tamanan Kediri
18. Terminal Kepuhsari Jombang
19. Terminal Arjosari Malang
 
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengimbau warga Jakarta untuk tidak menggunakan kendaraan roda dua atau sepeda motor untuk mudik demi keselamatan bersama.
 
"Saya imbau untuk pertama saya ucapkan selamat beribadah puasa, yang kedua jika ingin mudik diatur sedemikian rupa menghindari menggunakan kendaraan roda dua," kata Heru di Jakarta Selatan, Jumat (8/3).

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024