Rejang Lebong, Bengkulu (ANTARA) -
Dinas Pariwisata Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu menyebutkan desa wisata di daerah itu saat ini tengah mengembangkan program wisata edukasi.
 
Kepala Dinas Pariwisata Rejang Lebong M Budianto di Rejang Lebong, Selasa, mengatakan di Kabupaten Rejang Lebong saat ini sudah ada 26 desa wisata tersebar dalam sembilan kecamatan.
 
"Sub sektor pariwisata yang saat ini tengah dikembangkan di Kabupaten Rejang Lebong ialah wisata edukasi, di mana pengembangannya dilakukan oleh Desa Wisata Belitar Seberang, Kecamatan Sindang Kelingi," kata dia.
 
Dia menjelaskan pengembangan wisata edukasi oleh Desa Wisata Belitar Seberang yang pada 2022 lalu masuk dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) oleh Kemenparekraf tersebut ialah wisata aren dan kopi.
 
Ia mengatakan wisata edukasi di Desa Wisata Belitar Seberang ini diyakini bisa menarik kunjungan wisatawan ke Kabupaten Rejang Lebong karena wisatawan nantinya selain bisa menikmati keindahan alam daerah itu juga mendapat pengetahuan tambahan dari wisata edukasi.
 
Dengan adanya pengembangan wisata edukasi ini diharapkan desa wisata lainnya yang ada di Kabupaten Rejang Lebong semakin kreatif dengan melihat potensi yang ada di setiap desanya.
 
"Desa wisata tidak hanya mengandalkan objek wisata saja tetapi penunjang lainnya seperti kulinernya, homestay, kriya fashion dan lainnya," ujar Budi.
 
Adanya pengembangan dan inovasi desa wisata di Kabupaten Rejang Lebong itu menurut dia, adalah hal positif sehingga bisa memberikan kepuasan secara terus menerus kepada para pengunjung dan menyesuaikan dengan kebutuhan jaman.

Pewarta: Nur Muhamad
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2023