Kendari (ANTARA) - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Kendari, Sulawesi Tenggara menggelar khitanan massal dan pemeriksaan kesehatan gratis bagi warga kurang mampu di wilayah pesisir daerah tersebut.

Komandan Lanal Kendari Kolonel Laut (P) Abdul Kadir Mulku Zahari di Kendari, Selasa, mengatakan aksi sosial khitanan massal tersebut digelar dalam rangka menyambut HUT ke-35 Lanal Kendari yang diperingati setiap 8 Agustus.

"Kegiatan khitan massal dan pemeriksaan kesehatan ini kami laksanakan sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun ke-35 Lanal Kendari," kata Kolonel Mulku.

Baca juga: Lanal Kendari peringati HUT ke-77 TNI AL dengan menggelar donor darah

Baca juga: Kemenkopolhukam: Sarana patroli Lanal Kendari perlu ditingkatkan


Ia menuturkan pelaksanaan bakti kesehatan khitanan massal menyasar anak-anak kurang mampu di Kelurahan Kessilampe dan Kendari Caddi yang dilaksanakan di Balai Kesehatan Lanal Kendari.

Menurutnya, khitanan massal yang dilakukan tersebut sebagai wujud kepedulian TNI AL untuk membantu masyarakat kurang mampu utamanya di wilayah pesisir dan bentuk sosial, sehingga terjalin silaturahim antara warga dan prajurit Jalasena.

Ia menyebut jumlah anak yang melakukan registrasi untuk mengikuti khitanan massal gratis sudah tercatat 60 anak. Namun, yang sudah melakukan pendaftaran ulang baru 52 anak.

"Kami sengaja melaksanakan sekarang, karena kan saat ini masih dalam suasana liburan. Jadi, ketika nanti anak-anak masuk sekolah mereka sudah sehat," ujar dia.

 
TNI AL Kendari gelar sunat massal dan pemeriksaan kesehatan warga pesisir di Kendari, Selasa (4/7/2023) (ANTARA/Harianto)

Kolonel Mulku menambahkan selain khitanan massal, bakti sosial lainnya yang dilakukan selama dua hari mulai 4-5 Juli 2023, yakni pelayanan KB, pengecekan kesehatan, donor darah, dan layanan umum lainnya.

Baca juga: Lanal Kendari maksimalkan patroli cegah pelanggaran di perairan Sultra

Dia berharap dengan adanya pemberian layanan kesehatan gratis kepada masyarakat kurang mampu di wilayah pesisir Kendari dapat meningkatkan taraf kehidupan mereka yang lebih baik.

"Jadi, memang sasarannya ini adalah bagi warga yang kurang mampu. Harapannya masyarakat umum di Kota Kendari, khususnya di wilayah Kessilampe dan Kendari Caddi semuanya dapat terpenuhi," kata Kolonel Mulku.

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023