Shanghai, (ANTARA/PRNewswire)- Huawei segera meluncurkan rangkaian lengkap peralatan jaringan 5,5G komersial pada 2025 di 5G Advanced Forum. Hal ini diumumkan Huawei di  MWC Shanghai 2023. Menurut Director & President, ICT Products & Solutions, Huawei, Yang Chaobin, eksekutif yang menyampaikan pengumuman ini, Huawei berharap, peluncuran produk tersebut menandai awal dari era 5,5G di industri TIK.

Implementasi 5G berkembang pesat selama empat tahun terakhir, serta telah menghasilkan keuntungan finansial secara signifikan. Kini, lebih dari 260 jaringan 5G komersial tersedia di seluruh dunia, dan melayani lebih dari 1,2 miliar pengguna. Bahkan, jumlah pengguna F5G gigabita kini telah mencapai 115 juta. Dengan model layanan dan konten yang terus berkembang, terobosan dalam teknologi seperti 3D tanpa kacamata menciptakan pengalaman imersif yang luar biasa bagi pengguna. Namun, layanan baru ini tetap membutuhkan kapabilitas jaringan 5G yang lebih kuat. Maka, industri sepakat bahwa 5,5G kelak menjadi pencapaian penting dalam evolusi 5G, dan teknologi ini pun semakin dekat.

Huawei mengusulkan konsep "5.5G Era" berdasarkan solusi terpadu yang mengintegrasikan teknologi yang berevolusi secara komprehensif, termasuk 5,5G, F5,5G, dan Net5,5G. Solusi ini menjaga investasi yang sebelumnya dilakukan operator dalam 5G, serta meningkatkan kinerja jaringan hingga 10 kali lipat. Era 5,5G akan menghadirkan kecepatan peak downlink 10 gigabita dan kecepatan peak uplink gigabita demi memenuhi kebutuhan layanan yang kian beraneka ragam. Era 5,5G juga akan menjadi angin segar bagi visi industri dengan memanfaatkan teknologi baru seperti IoT pasif yang mewujudkan pasar dengan 100 miliar koneksi IoT.

Yang menjelaskan, "Dengan jadwal standardisasi yang telah dirumuskan secara jelas, Era 5,5G siap menjalani verifikasi teknologi dan komersial. Pada 2024, Huawei akan melansir rangkaian lengkap peralatan jaringan 5,5G komersial untuk mempersiapkan implementasi 5,5G komersial. Kami ingin bekerja sama dengan seluruh pelaku industri dan menyambut erat 5,5G."

Sebagai pihak yang mendukung solusi 5,5G terpadu, Huawei telah bekerja sama dengan berbagai pelaku industri dalam litbang dan verifikasi teknologi 5,5G penting. Perkembangan penting pun telah tercapai dalam proses verifikasi tersebut, khususnya extremely large antenna array (ELAA) yang mendukung downlink 10 gigabita, akses spektrum fleksibel yang turut merealisasikan uplink gigabita, dan IoT pasif yang mewujudkan 100 miliar koneksi IoT. Di sisi lain, 50G PON juga menjadi teknologi penting lainnya yang mampu merealisasikan kecepatan 10 gigabita untuk jaringan ultra-broadband F5,5G. Solusi 50G PON diperkirakan hadir sebagai produk yang marak dipakai di rumah, kampus, dan lokasi produksi pada masa mendatang. Huawei telah bekerja sama dengan lebih dari 30 operator di seluruh dunia dalam verifikasi teknologi dan uji coba teknologi tersebut.

Selain mengembangkan teknologi penting untuk jaringan nirkabel dan akses optik 5,5G, Yang mengumumkan, Huawei mulai menerapkan teknologi AI-native pada jaringan inti 5,5G. Tujuannya, terus meningkatkan kapabilitas dan ketersediaan jaringan. Hal ini akan membuat kapabilitas AI tersedia hingga pada sisi akhir jaringan agar melayani berbagai industri secara lebih baik. Net5.5G menjanjikan akses 10 gigabita, ultra-broadband transport, dan latensi microsecond-level pada jaringan AI. Dengan demikian, Net5,5G kelak menjadi pondasi jaringan generasi baru untuk digitalisasi industri berkat akses jaringan bermutu tinggi.

Industri masih berada pada tahap dini dalam mengembangkan visi 6G, dan baru mengawali riset seputar teknologi intinya. Itu sebabnya, banyak pihak beralih menuju 5,5G sebagai pencapaian penting dalam perkembangan selanjutnya. Peningkatan kapabilitas jaringan hingga 10 kali lipat di Era 5,5G segera mendukung berbagai industri mewujudkan potensi produktivitas dari teknologi digital.

MWC Shanghai 2023 berlangsung dari 28-30 Juni di Shanghai, Tiongkok. Huawei memamerkan produk dan solusinya di stan E10 dan E50 di Hall N1, Shanghai New International Expo Centre (SNIEC). Bersama operator global, praktisi industri, serta pemuka opini, Huawei mengulas berbagai topik, seperti mempercepat kesuksesan 5G, menyambut era 5,5G, serta transformasi digital yang berteknologi pintar. Teknologi 5,5G menciptakan nilai tambah bisnis yang baru di sejumlah bidang, seperti menghubungkan manusia, Internet of Things (IoT), dan Internet of Vehicles (IoV), serta mendukung berbagai industri menuju dunia pintar. Informasi lebih lanjut tersedia di https://carrier.huawei.com/en/events/mwcs2023.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023