"Kirab Pemilu ini dilaksanakan nasional, keliling Indonesia dan melintasi Kota Makassar selama tujuh hari pekan terakhir bulan ini,"
Makassar (ANTARA) - Pemerintah Kota bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar, Sulawesi Selatan siap mensukseskan kirab Pemilu 2024 yang dipusatkan di Anjungan Pantai Losari pada 20-27 Juli 2023.

"Kirab Pemilu ini dilaksanakan nasional, keliling Indonesia dan melintasi Kota Makassar selama tujuh hari pekan terakhir bulan ini," ujar Komisioner KPU Makassar Endang Sari saat pertemuan dengan Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto di kediaman pribadinya Jalan Amirullah Makassar, Selasa.

Kegiatan ini dikemas dengan berbagai acara seperti panggung seni, pendidikan pemilih dan sosialisasi pemilu, dan melibatkan banyak komponen masyarakat, seperti komunitas sepeda, nelayan, pemilih pemula, pemilih perempuan, dan lainnya.

Selain kegiatan tersebut, agenda lainnya adalah bersih-bersih sampah di pantai setempat sebagai bagian wujud sosialisasi kepemiluan di masyarakat.

"Intinya ada pendidikan, edukasi dan sosialisasi kepemiluan di masyarakat," kata Koordinator Divisi Sosdiklih KPU Makassar ini.

Pawai bersama atau kirab tersebut diselenggarakan, kata endang menambahkan, sebagai penanda bahwa sejauh ini telah masuk dalam tahapan Pemilu yang kini sedang agresif berjalan di semua daerah

Tahapan saat ini telah berjalan lancar begitu pula proses sosialisasi pendidikan pemilih intens dilakukan. Apalagi, tahapan verifikasi administrasi pencalonan bakal calon legislatif sedang berlangsung.

Peserta kirab diperkirakan mencapai 2.000 orang karena melibatkan penyelenggara adhoc PPK, PPS, Sekretariat PPK-PPS termasuk dari Pemerintah Kecamatan dan Lurah, ketua RT dan RW. Setelah melintasi Kota Makassar, kirab akan bertolak ke Surabaya sebagai kota selanjutnya.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto dalam pertemuan itu mengapresiasi kegiatan Kirab Pemilu 2024. Pihaknya pun mendukung penuh penyelenggaraan kegiatan dan telah memberikan izin pemakaian lokasi Anjungan Losari sebagai pusat lokasi Kirab Pemilu.

"Pemerintah kota mendukung penuh kegiatan kirab Pemilu 2024 sebagai bagian dari sosialisasi pelaksanaan Pemilu. Kita pun ikut ambil bagian dengan menurunkan orang dari kecamatan, kelurahan RT, RW untuk ikut meramaikan kegiatan itu," kata pria akrab di sapa Danny Pomanto ini.

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023