Jakarta (ANTARA) - Dokter spesialis kulit dan kelamin dr Pipim S. Bayasari, Sp.DV menyarankan penggunaan sistem sandwich kala akan mengaplikasikan produk perawatan kulit mengandung retinol pada kondisi kulit yang sangat kering.

"Cara penggunaan kalau kulit lagi sedang sangat kering penggunaannya dengan sistem sandwich itu serum, pelembap, retinol, pelembap lagi," kata dia dalam sebuah acara daring, Selasa.

Retinol bermanfaat untuk mempercepat pergantian sel kulit mati dengan sel kulit baru yang sehat dan meningkatkan produksi kolagen sehingga salah satunya bisa mengurangi kerutan.

Retinol dan retinoid juga diketahui mengurangi tanda-tanda photoaging dan kerusakan kulit akibat paparan sinar ultraviolet serta bekerja dengan baik untuk kondisi seperti jerawat dan hiperpigmentasi.

Namun, penggunaan retinol tidak disarankan setiap hari melainkan dua hingga tiga kali dalam sepekan dan menjadi bagian dari perawatan kulit pada malam hari.

Baca juga: Kiat melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan polusi udara

Pada kulit yang lebih kering, pelindungnya pada dasarnya terganggu sehingga penggunaan retinol yang sangat kuat berpotensi membahayakan dan mengiritasi, menyebabkan kemerahan, pengelupasan, dan sensasi terbakar pada kulit.

Efek samping yang tidak diinginkan ini dapat dihindari, atau setidaknya dikurangi, dengan mengikuti pakar tentang cara terbaik untuk mengaplikasikan retinol pada kulit kering.

Pipim mengatakan pada malam hari, orang-orang sebaiknya fokus pada restorasi atau regenerasi kulit. Oleh karena itu, mereka membutuhkan serum, pelembap, produk-produk night cream dan mengandung bahan aktif.

"Jadi urutannya facial wash, toner, serum mulai dari yang cair dengan kandungan antioksidan, dilanjutkan pelembap baru masuk ke bahan aktif mulai dari yang menopang kolagen, retinol," jelas dia.

Baca juga: Pemilik kulit sensitif disarankan pakai retinol bertahap

Orang-orang khususnya yang sudah berusia 20 tahun juga dapat mengonsumsi suplemen kolagen pada malam hari sebagai bagian dari upaya melindungi kulit pada pagi hari.

"Karena begitu minum kita tidak langsung mendapatkan saat itu juga hasilnya," kata dia.

Sementara itu, pada pagi hari, orang-orang disarankan fokus pada perlindungan dan pencegahan masalah kulit terutama dampak buruk sinar matahari sehingga inilah alasan perlunya tabir surya.

"Prevention dalam arti kata menghindari radikal bebas dan itulah fungsinya serum masuk. Serum dengan kandungan vitamin C, vitamin E maupun Niacinamide," demikian pesan Pipim.

Baca juga: Pemilik kulit kering dianjurkan pakai pelembap usai perawatan botox
 

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023