Saham China dan Hong Kong berakhir menguat pada perdagangan Selasa.
Hong Kong (ANTARA) - Saham China dan Hong Kong berakhir menguat pada perdagangan Selasa, karena investor bertaruh negara itu akan mengambil lebih banyak tindakan pada Juli untuk menopang ekonominya.

Indeks saham-saham unggulan China CSI 300 terangkat 0,16 persen, dan Indeks Komposit Shanghai naik tipis 0,04 persen, sementara itu indeks Hang Seng bertambah 0,57 persen dan Indeks Hang Seng China Enterprises naik 0,34 persen.

Bank-bank besar milik negara China menurunkan suku bunga simpanan dolar mereka untuk kedua kalinya dalam sebulan, menurut sumber perbankan, karena pihak berwenang meningkatkan upaya untuk menghentikan penurunan yuan.

Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional, regulator ekonomi utama China, telah berjanji untuk mengatasi masalah yang dihadapi oleh perusahaan-perusahaan dan menciptakan lingkungan pengembangan yang lebih baik untuk sektor swasta, China Daily melaporkan.

Menteri Keuangan AS Janet Yellen dan Xie Fang, duta besar China untuk Amerika Serikat, mengadakan "diskusi yang terus terang dan produktif" pada Senin (3/7) menjelang perjalanan yang dijadwalkan Yellen ke Beijing minggu ini, kata Departemen Keuangan AS.

"Kami optimis tentang saham China dan Hong Kong untuk kuartal ketiga, sudah ada beberapa tanda kebijakan positif, dan pemerintah masih memiliki ruang untuk pelonggaran kebijakan selanjutnya seperti memangkas rasio cadangan wajibnya," kata Linus Yip, kepala strategi di First Shanghai Securities.

Juli akan menjadi "jendela kebijakan utama" untuk pasar China, dan investor mengharapkan kebijakan yang dapat mengarah pada ekspansi kredit, kata analis CICC dalam sebuah catatan.

Dari segi sektor, saham dan semikonduktor terkait kecerdasan buatan melonjak 2,4 persen untuk memimpin kenaikan.

Beberapa logam China menguat setelah negara tersebut mengatakan akan mengontrol ekspor beberapa logam yang banyak digunakan dalam industri semikonduktor.

Saham Yunnan Lincang Xinyuan Germanium Industry Co mencapai batas atas harian mereka sebesar 10 persen.

Perusahaan perawatan kesehatan yang tercatat di Hong Kong melonjak 4,1 persen, sementara perusahaan teknologi naik 0,5 persen.
Baca juga: Saham China ditutup menguat ditopang harapan dukungan kebijakan
Baca juga: Saham China dibuka lebih rendah, indeks Shanghai tergerus 0,08 persen

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023