Untuk jamaah haji yang wafat, semua barang bagasi dan air zamzam tetap akan diberikan kepada keluarga jamaah yang ditinggalkan di Tanah Air
Palembang (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Sumatra Selatan (Sumsel) menyebutkan kelompok terbang (kloter) pertama jamaah haji Debarkasi Palembang akan tiba di Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II pada 6 Juli 2023 pukul 22.15 WIB.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kanwil Kemenag Sumsel Armet Dachil di Palembang, Selasa, mengatakan pihaknya berkoordinasi dengan semua pemangku kepentingan untuk membahas proses pemulangan jamaah haji tahun ini. 

“Alhamdulillah kita tinggal menunggu mereka kembali ke Tanah Air. Saya mohon seluruh pihak dapat bertanggung jawab dengan tugasnya masing-masing. Memang ini adalah tugas yang biasa dilakukan setiap tahun, akan tetapi jangan dianggap sepele karena tugas apapun yang diberikan itu harus dikerjakan dengan penuh tanggung jawab,” katanya.

Baca juga: Sebanyak 6.961 peserta haji kembali ke Tanah Air hari ini

Terkait proses penjemputan jamaah oleh keluarga, ia mengimbau agar proses penjemputan dilakukan di titik kumpul yang sudah ditentukan oleh Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) atau kabupaten/kota setempat. Kecuali jamaah lansia dan berkebutuhan khusus yang berdomisili di Kota Palembang diperkenankan untuk dijemput di Asrama Haji.

Ia mengatakan ahun ini jamaah haji mendapatkan 10 liter air zamzam, berbeda dengan tahun sebelumnya yang hanya lima liter air zamzam. Namun, kata dia, berhubung saat menandatangani nota kesepahaman(MoU) dengan pihak penerbangan Saudi Airlines para jamaah mendapatkan lima liter, maka beberapa kloter awal untuk sementara diberikan dahulu lima liter air zamzam dan kekurangannya akan diantarkan ke kabupaten dan kota masing-masing. 

"Untuk jamaah haji yang wafat, semua barang bagasi dan air zamzam tetap akan diberikan kepada keluarga jamaah yang ditinggalkan di Tanah Air," jelasnya.

Baca juga: PPIH: Calon haji Embarkasi Palembang yang meninggal dunia jadi 8 orang
Baca juga: Seorang peserta haji asal Bangka wafat di Mekkah akibat sesak nafas


 

Pewarta: Ahmad Rafli Baiduri
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023