Alhamdulillah sampai di Bandara Hang Nadim Batam tadi sekitar jam 17.00 WIB, jamaah dengan jumlah 369 orang untuk Kloter 01 Debarkasi Batam. Alhamdulillah semua dari awal berangkat sampai kembali utuh
Batam (ANTARA) - Debarkasi Hang Nadim Batam menyambut kedatangan kelompok terbang (kloter) pertama jamaah haji dari Tanah Suci pada Selasa.

Kepala Bidang Penerimaan dan Pemberangkatan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Batam Edi Batara di Batam, Selasa, mengatakan sebanyak 369 jamaah haji tersebut berasal dari Kabupaten Karimun, Kabupaten Lingga, Kabupaten Kepulauan Anambas, Kabupaten Natuna, dan Kota Batam.

Jamaah haji Kloter 01 Debarkasi Batam diberangkatkan dari Bandara Jeddah Arab Saudi pada pukul 01.15 WAS dan tiba di Bandara Kualanamu Medan pada pukul 13.30 WIB untuk mengisi bahan bakar pesawat, kemudian tiba di Bandara Hang Nadim Batam pada pukul 17.00 WIB.

"Alhamdulillah sampai di Bandara Hang Nadim Batam tadi sekitar jam 17.00 WIB, jamaah dengan jumlah 369 orang untuk Kloter 01 Debarkasi Batam. Alhamdulillah semua dari awal berangkat sampai kembali utuh," kata Edi.

Baca juga: Sebanyak 6.961 peserta haji kembali ke Tanah Air hari ini

Ia menyampaikan seluruh jamaah dari kabupaten/kota akan kembali ke daerahnya masing-masing pada besok pagi, sementara untuk jamaah haji dari Kota Batam dapat langsung kembali ke rumah masing-masing.

"Untuk kabupaten lainnya Karimun, Lingga, Natuna dan Anambas, Insya Allah mulai besok pagi kembali ke daerahnya, ada yang jam 06.00, ada jam 07.00, ada yang jam 09.00 pagi. Untuk malam ini menginap dulu di Asrama Haji," ujarnya.

Ia menambahkan setibanya di Bandara Hang Nadim Batam jamaah haji melaksanakan pemeriksaan kesehatan serta pemeriksaan paspor.

Terkait fasilitas yang disiapkan oleh Debarkasi Batam, diantaranya aula khusus barang bawaan jamaah haji hingga kursi roda untuk jamaah lansia.

Baca juga: Kloter pertama jamaah haji Debarkasi Palembang bakal tiba Kamis ini
Baca juga: PPIH Embarkasi Makssar siap sambut kepulangan jamaah haji


 

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023